Mobil Mewah Hasil Keisengan Orang Super Kaya Ini Dilelang

JAKARTA - Orang kaya raya bisa beli semua barang yang diinginkan termasuk kebebasan untuk melakukan hal-hal keren. Namun, ada juga orang yang begitu kaya sehingga mereka melakukan hal-hal konyol pada hal-hal keren. Kasus ini terjadi pada Sheikh Khalifa bin Hamad Al Thani, Emir Qatar pada pertengahan 1970-an dengan memesan mobil Ferrari V12, khusus untuk digunakan berlibur di pantai. Atau setidaknya begitu tujuan dia pada awalnya.

Tradisi mobil pantai sangat populer kala itu, namun yang paling umum digunakan adalah mobil Fiat Jolly. Mobil ini sering terlihat di pantai-pantai di Prancis dan Italia, di mana Fiat 500 biasa dipotong bagian pintu, atap, dan kursinya untuk memberikan sensasi terbuka.

Pada waktu itu, mobil Fiat relatif murah, sehingga memotongnya untuk membuat mobil pantai terasa masuk akal. Tidak puas dengan mobil yang umum, Sheikh Al Thani ingin membuat mobil pantai dari sesuatu yang lebih istimewa, dan ia memesan Ferrari 365 GTC/4.

Ketika sudah dipesan, dia lalu mempercayakan proyek modifikasi ini kepada Willy Felber, seorang importir mobil mewah Swiss, yang kemudian merekrut Giovanni Michelotti, seorang desainer kendaraan terkenal dari Turin, untuk membantu menciptakan Ferrari 365 GTC/4 demi tujuan itu.

Dilansir Carscoops, Rabu, 8 Juni, proses desain memakan waktu tiga bulan, dan hasilnya adalah mobil mewah ekstravaganza, tanpa pintu, dan sepenuhnya unik seperti terlihat di sini.

Sayang, begitu sudah jadi sang pemesan pun tidak mampu membayar mobil serta bayaran modifikasinya. Pada pertengahan 1970-an bersamaan dengan krisis bahan bakar telah berdampak pada likuiditas Sheikh, sehingga ia harus membatalkan pesanan tersebut.

Hal ini menyebabkan mobil yang seharusnya dilukis dengan warna Light Metallic Blu dengan interior denim, sebenarnya dicat dengan warna Bronze Metallic, hanya bisa dipamerkan di Geneva Motor Show tahun 1976.

Selama beberapa tahun berikutnya, mobil ini pindah tangan beberapa kali dan menjadi mobil populer yang mudah terlihat di jalan-jalan tepi danau di Swiss. Mobil ini bahkan mendapatkan julukan "Croisette," dan sekarang mobil ini akan dilelang.

Ferrari 365 GTC/4 bekas pesanan Sheikh Al Thani kini ditawarkan dalam acara lelang MonacoCarAuctions pada tanggal 8 Juni ini. Acara ini hanya menampilkan mobil-mobil Ferrari dan dinamakan "Asta Rossa." Sayangnya, rumah lelang tidak memberikan perkiraan harga Ferrari 365 GTC/4 ini hanya menginfokan jarak tempuh 4.061 mil (6.534 km) di odometer. Namun yang pasti, mobil dengan sejarah yang unik ini memiliki harga yang amat mahal.