Kebakaran Hanguskan 9 Ruko dan 5 Indekos di Asmat Papua Selatan Diduga Akibat Ledakan Tabung Gas

ASMAT - Polisi menduga tabung gas meledak penyebab kebakaran yang menghanguskan sembilan ruko dan lima petak indekos di Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan.

Kapolres Asmat AKBP Agus Hariadi mengatakan Satuan Reskrim Polres Asmat telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di sekitar area kebakaran untuk mengumpulkan bukti-bukti.

"Kemudian ditambahkan keterangan para saksi, sehingga dapat dipastikan penyebab serta kerugian akibat kebakaran tersebut," katanya dalam siaran pers yang diterima Kamis, 8 Juni, disitat Antara.

Agus mengatakan dugaan tabung gas meledak pemicu kebakaran pada Selasa 6 Juni itu masih menunggu pendalaman hasil olah TKP Satuan Reskrim Polres Asmat.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo menjelaskan, berdasarkan keterangan saksi kebakaran itu terjadi sekitar pukul 09.30 WIT dengan didahului suara ledakan di salah satu ruko.

"Tidak lama setelah itu kemudian muncul kepulan asap hitam tebal bersamaan dengan api yang menjalar ke bangunan lainnya," tuturnya.

Saksi yang melihat kejadian itu kemudian memanggil para warga untuk membantu memadamkan api. Ignatius bilang warga kemudian melaporkan kejadian itu kepada kepolisian.

"Sehingga aparat keamanan bersama masyarakat bersama memadamkan api dengan alat seadanya hingga pukul 10.56 WIT api berhasil dipadamkan," tandasnya.