Apa Itu Brand Awareness? Ini Pengertian hingga Cara Melakukannya untuk UMKM
YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa salah satu cara agar masyarakat mengenal produk dengan baik adalah dengan meningkatkan brand awareness. Lalu apa itu brand awareness sebenarnya? Artikel ini akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan brand awareness dalam dunia bisnis.
Apa Itu Brand Awareness
Secara harfiah, brand awareness artinya kesadaran merek. Dalam konteks bisnis, kesadaran merk dimiliki oleh masyarakat baik yang masuk dalam target pasar suatu brand maupun bukan.
Lebih mudahnya, brand awareness adalah istilah yang menggambarkan sejauh mana konsumen mengenal brand tertentu. Jika konsumen mudah mengenali sebuah merk berarti brand awereness mereka terhadap brand tertentu semakin tinggi.
Contoh Perilaku Tingginya Brand Awareness
Seperti telah dijelaskan sebelumnya, brand awareness berkaitan dengan seberapa mudah konsumen mengenali produk terntentu. Sebagai contoh, tingkat brand awareness Anda terhadap Honda sangat tinggi karena selain menyukai brand tersebut, Anda juga terbiasa menggunakan kendaraan merk Honda. Sebagai imbasnya, Anda tetap menyebut Honda pada brand kendaraan lain.
Contoh lain, Anda sering mengonsumsi air minum kemasan merk Aqua. Dalam pikiran Anda, Aqua sangat lekat dengan warna biru sehingga saat Anda melihat botol kemasan air minum warna biru selalu mengaitkan dengan merk Aqua.
Manfaat Brand Awareness
Meningkatkan brand awareness sangat bermanfaat untuk bisnis secara keseluruhan. Berikut ini beberapa manfaat meningkatkan brand awareness secara umum.
- Meningkatkan pasar
- Meningkatkan kepercayaan masyarakat pada suatu brand
- Memperbaiki citra brand tertentu
- Menciptakan konsumen yang loyal
- Meningkatkan penjualan karena konsumen sudah sangat tertarik dengan brand tertentu
- Lebih mudah memperkenalkan produk baru ke konsumen
- Potensi jadi brand legenda cukup besar
Baca juga:
Cara Meningkatkan Brand Awareness UMKM
Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan brand awwareness khususnya di kalangan UMKM. Beberapa cara yang bisa dicoba adalah sebagai berikut.
- Tonjolkan brand dengan menyajikan keunikan produk ke konsumen
- Buat iklan yang mudah diingat oleh masyarakat
- Lakukan pemasaran lewat offline maupun online
- Produk harus bisa menyelesaikan masalah sehari-hari konsumen
- Kerja sama dengan berbagai pihak untuk media promosi
Selain tentang apa itu brand awareness, Anda bisa mengunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.