Pasukan Brimob I Polri Resmi Bermarkas di Sumut

JAKARTA - Pasukan Korps Brimob I Polri resmi bermarkas di Kota Binjai, Provinsi Sumatera Utara. Sehingga, pasukan itu siap mengawal kegaitan nasional maupun internasional pada 2024.

"Keberadaan pasukan Brimob I Polri ini juga melaksanakan kegiatan operasional pengamanan agenda nasional 2024 dan internasional," ujar Wadankor Brimob Polri Irjen Imam Widodo dalam keterangannya, Rabu, 7 Juni.

Markas pasukan Korps Brimob I Polri itu merupakan eks Batalyon A Brimob Polda Sumatera Utara.

Kehadiran mereka tak hanya mengawal kegiatan nasional maupun internasional. Tetapi, juga untuk memelihara keamanan dalam negeri dan mencintai situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Jadi, perlu saya tegaskan bahwa Brimob itu pasukan khusus yang tugasnya memelihara keamanan didalam negeri ini. Untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, sehingga diresmikanlah markas komando Pasukan Brimob 1 Polri di Kota Binjai," sebutnya.

"Jadi, kehadiran kami disini untuk menanggulangi situasi darurat, yakni membantu tugas kepolisian kewilayahan dan bersinergi dengan TNI Pemerintah Daerah dan stakeholder lainnya dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan, Sosial dan menangani, kejahatan dengan tingkat intensitas tinggi," sambung Imam.

Di sisi lain, dikatakan bila markas ini akan menjadi tempat yang ramah, inklusif dan terbuka bagi masyarakat. Sehingga, keamanan masyarakat akan terjamin.

"Markas komando ini akan menjadi tempat yang ramah, inklusif dan terbuka bagi masyarakat. Kami akan menjalin kemitraan dengan institusi lain dan membangun kepercayaan yang kokoh," kata Imam.

Sebagai informasi, pembentukan Pasukan Brimob I, II dan III berdasarkan Peraturan Presiden No 54 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden No. 52 tahun 2010 Tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Melalui Perpres tersebut, Untuk mewujudkan postur Brimob Polri yang prediktif responsibilitas, transparansi dan berkeadilan sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat.