Shelby Centennial Edition 2023 Tersedia 100 Unit, Varian Paling Murahnya Rp1,9 Miliar

JAKARTA - Shelby American telah mengungkapkan kreasi terbarunya, Ford F-150 Shelby Centennial Edition 2023, sebagai penghormatan terhadap warisan mendiang Carroll Shelby dan hasratnya untuk petualangan jalan raya. Ford F-150 Shelby Centennial Edition ini, hanya akan diproduksi 100 unit saja, sebagai tanda eksklusivitas dari kendaraan ini.

Truk pikap Shelby ini didasarkan pada F-150 Lariat 4x4 SuperCrew dan dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan yang meningkatkan performa dan tampilan kendaraan, seperti dilansir dari Motor1, 4 Juni.

Truk pikap Shelby ini dilengkapi dengan mesin standar V8 5.0 liter di bawah kap yang menghasilkan tenaga sebesar 400 dk. Namun, sebagai karya Shelby, tersedia juga opsi supercharger yang dapat meningkatkan output hingga mencapai angka yang mengesankan, yaitu 800 dk.

Salah satu perubahan yang dilakukan adalah peningkatan sistem rem untuk meningkatkan kemampuan pengereman, serta dilengkapi dengan kit standar berupa pelek berukuran 22 inci yang dilapisi ban BFG all-terrain KO2. Selain itu, truk ini dilengkapi dengan kap Ram Air dengan ventilasi, tangga samping bertenaga, dan gril depan Shelby yang memberikan tampilan yang khas.

Meskipun ada banyak peningkatan, fitur-fitur standar dari Ford F-150 tetap ada, termasuk fungsi generator seluler Pro Power Onboard yang tersedia di truk, serta kemampuan untuk menerima pembaruan perangkat lunak secara over-the-air.

"Banyak orang menganggap Carroll Shelby sebagai 'pria paling menarik di dunia' saat dia masih hidup, dan kami ingin menyoroti banyak aspek menarik dari legenda ini selama perayaan seratus tahun kami pada tahun 2023. Carroll sangat mencintai otomotif, baik di jalan raya maupun di luar jalan, terutama di medan berat. Ia suka melakukan perjalanan melintasi padang pasir dengan kendaraan roda dua dan empat. Peternakannya di Terlingua, Texas, bahkan memiliki Ford Bronco produksi pertama. Kami menghormati warisan Shelby dengan menciptakan truk off-road khusus ini sebagai penghormatan kepada petualangannya, “ ungkap Gary Patterson, Presiden Shelby American dalam ruang media perusahaan, 2 Juni.

Harganya satu unitnya dari 129.450 dolar AS (Rp1,9 miliar) untuk varian dengan tenaga 400 dk, sementara varian dengan tenaga 800 dk memiliki harga mulai dari 138.495 dolar AS (Rp2 miliar). Setiap pembeli truk pikap edisi khusus ini juga akan mendapatkan garansi tiga tahun atau 36.000 mil (60.000 km), termasuk untuk powertrain, serta keanggotaan di Tim Shelby dan kesempatan untuk didokumentasikan di Registry Shelby resmi.