Inilah yang Perlu Diperhatikan pada Mobil Bila Cuaca Berlangsung Panas

JAKARTA - Indonesia sedang dilanda musim pancaroba. Terlebih lagi dalam beberapa hari terakhir, pada siang hari cuaca berlangsung panas dengan suhu tinggi.

Perlu diketahui, cuaca panas tersebut juga dapat mempengaruhi performa kendaraan. Jika ini diabaikan, maka akan menimbulkan kerusakan hingga overheat yang dapat menimbulkan kebakaran.

"Serangan hawa panas dikhawatirkan dapat mengganggu performa kendaraan, perhatikan selalu kondisi komponen mobil supaya dapat bertahan di tengah suhu udara panas untuk menunjang mobilitas," ucap Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000 dalam keterangan resminya, Jum'at, 26 Mei.

Menurut laman Auto2000, berikut inilah komponen mobil yang harus diperhatikan bila kondisi cuaca sedang mengalami panas yang ekstrim :

1. Periksa Komponen Pendingin Mesin

Dalam cuaca yang panas, tentunya suhu mesin akan meninggi. Ini yang membuat kinerja mesin menjadi turun hingga panas berlebih.

Maka dari itu, perhatikan sistem pendinginan pada bagian mesin agar bekerja secara optimal. Pastikan tidak ada kebocoran, perhatikan radiator, dan periksa volume cairan pendinginan.

2. Periksa Kondisi Oli

Selain menambah performa mesin menjadi lebih optimal, oli berguna untuk menyerap panas dari mesin dan melepaskannya ke bak penampungan oli.

Maka dari itu, periksa kondisi oli mesin terlebih lagi ketika suhu mesin meninggi.

3. Periksa Kondisi AC

Ketika cuaca panas, pastinya suhu pada bagian kabin mobil meninggi yang mengakibatkan penumpang atau pengguna mobil dehidrasi dan kepanasan.

Pastika kondisi AC dalam keadaan baik dengan membersihkan filter kabin supaya sirkulasi AC tetap bersih.

4. Parkir di Tempat Teduh

Karena cuaca panas melanda wilayah Indonesia, dihimbau bagi pengguna mobil agar tidak memarkirkan kendaraannya di tempat yang panas.

Tidak hanya dapat mempengaruhi performa mobil, namun cuaca panas dapat mengakibatkan bodi mobil cepat kusam karena terpapar sinar ultra violet.

5. Perhatikan Barang di Dalam Mobil

Hindari menyimpan barang yang mudah terbakar di dalam mobil ketika cuaca sedang berlangsung panas, seperti powerbank, korek api, dan barang sejenisnya yang mudah terbakar karena terik panas matahari dari luar mobil.

6. Perhatikan Kaca Mobil

Meskipun kaca dapat melindungi pengguna mobil dalam menghindari panas matahari, penumpang dapat merasa kepanasan bila performa kaca berkurang.

Untuk menghindari hal tersebut, segera periksalah bagian kaca mobil secara berkala.

7. Cek Tekanan Udara pada Ban

Perhatikan tekanan udara pada mobil. Bila kondisi sedang dalam cuaca panas, maka suhu aspal akan naik dan ini dapat mempengaruhi performa ban.

Akibatnya, ban mobil akan meletus bila seandainya menghantam benda tajam di aspal.

8. Perhatian Peredam Panas pada Mesin

Peredam panas ada yang terbuat dari aluminium dan wool fibre. Untuk bahan wool fibre, perhatikan kembali apakah komponen ini tidak terpasang dengan benar atau lapuk karena telah berumur. Terlebih lagi, bila kondisi mesin berlangsung panas.

Untuk mengurangi resiko tersebut, segera periksakannya ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut.