Bagikan:

YOGYAKARTA – Pemilik kendaraan harus mengetahui tanda kaca film mobil harus diganti. Penggantian tersebut dilakukan agar visibilitas pengemudi tidak terganggu. Selain itu kaca film juga memberikan perlindungan untuk penumpang kendaraan dari sinar matahari langsung.

Tanda Kaca Film Harus Diganti

Meski kaca film masih terlihat bagus, bukan berarti masih layak dipakai. Pasalnya kaca film yang mengalami penurunan kualitas tidak akan memberikan perlindungan secara maksimal. Lebih buruk lagi kaca film mengganggu pemandangan pengemudi.

Patut diketahui pula bahwa usia kaca film mobil biasanya berkisar antara empat hingga lima tahun. Namun ada pula yang usianya lebih singkat dari itu karena banyak faktor salah satunya pemilihan kualitas kaca yang kurang baik.

Untuk mengetahui apakah kaca film mobil harus segera diganti atau tidak, ada beberapa tanda yang bisa diperhatikan yakni sebagai berikut.

  1. Warna Luntur

Warna kaca film jadi tanda paling mudah untuk dilihat. Jika warna kaca mulai luntur, buram, atau mengganggu pandangan pengemudi ke arah jalanan berarti harus segera diganti. Kaca film yang mengalami penurunan kualitas biasanya berubah jadi warna ungu, biru, atau warna yang tidak rata.

Jika kaca film yang luntur tak diganti berpotensi meningkatkan kecelakaan di jalan. Selain itu kaca film harus diganti karena tak mampu menahan sinar UV dari matahari.

  1. Ada Goresan, Sobekan, atau Berlubang

Kaca film bisa tergores, sobek, bahkan berlubang. Kecacatan tersebut biasanya terjadi karena benda tajam, kerikil, atau karena faktor suhu dan cuaca. Kondisi itu juga sangat mengganggu pandangan pengendara serta tak maksimal melindungi penumpang dari sinar UV.

  1. Sinar Matahari Terasa Sangat Menyengat

Ciri ini cukup umum dijumpai pada kendaraan dengan kaca film yang mengalami penurunan kualitas. Biasanya tanda ini dialami penumpang kendaraan meski dalam kondisi AC menyala. Jika tanda ini muncul dianjurkan untuk segera mengganti kaca film.

  1. Udara Pengap dan Panas

Jika kaca film yang buruk tidak segera diganti, kondisi mobil akan semakin panas dan udara yang berputar di dalam mobil terasa pengap. Kondisi ini akan sangat terasa setelah mobil terparkir di luar ruangan berjam-jam. Kaca film pada mobil sendiri ikut membantu mencegah peningkatan suhu udara di dalam mobil.

  1. Kaca Film Mengelupas

Perekatan kaca film menggunakan lem khusus. Lem tersebut memang memiliki daya rekat yang kuat namun seiring dengan usia daya rekatnya makin berkurang. Saat kondisi tersebut mulai jelek maka kaca film bisa mengelupas. Mengelupasnya kaca film bahkan bisa berdampak pada penampilan kendaraan itu sendiri.

  1. Muncul Bubble

Tanda lain bahwa kaca film perlu diganti adalah muncul bubble atau gelembung udara di antara kaca dan film. Di awal kemunculannya bubble yang muncul masih kecil dan sedikit namun berpotensi bisa bertambah besar dan banyak. Jika sudah demikian diharuskan untuk mengganti.

Itulah informasi terkait tanda kaca film harus diganti. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.