Ini Cara Memilih Venue Wedding untuk Pernikahan Anda

JAKARTA - Menikah merupakan momen yang krusial dan juga hikmat, maka dari itu perlu perhitungan serta persiapan yang matang, termasuk saat memilih tempat atau venue menikah. Agar runtutan acara dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tema pernikahan, maka saat memilih venue pun harus diperkirakan dengan baik.

Ada banyak venue wedding yang bisa Anda pilih, mulai dari konsep open door hingga di dalam ruangan. Juga, tidak jarang venue wedding menyediakan paket wedding all in one. Anda bisa mencari paket wedding di yesido, karena ada banyak pilihan paket wedding dengan berbagai pilihan tempat yang menarik.

Nah, agar tidak keliru, berikut ini tips memilih venue wedding agar acar pernikahan Anda semakin bermakna.

Cara Memilih Venue Wedding

1. Sesuaikan Dengan Budget

Cara yang pertama adalah menyesuaikan tempat dengan budget yang Anda dan pasangan miliki. Hal ini penting, agar tidak memakan lebih banyak budget yang seharusnya bisa dialihkan untuk kepentingan lainnya. Sehingga, carilah tempat yang sesuai dan masuk dengan anggaran Anda.

Pastikan Anda memilih tempat pernikahan yang tidak membuat Anda mengalami kesulitan dalam hal keuangan. Jika ingin lebih murah, Anda bisa memilih tempat yang menawarkan paket wedding all in one, sehingga Anda tidak perlu repot mencari keperluan yang lain.

2. Ukuran dan Lokasi

Jika biaya sudah aman, selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah ukuran venue yang akan Anda gunakan. Anda bisa menyesuaikannya dengan jumlah tamu yang Anda undang. Pastikan venue memiliki ukuran yang tepat untuk jumlah tamu undangan. Hindari memilih venue yang terlalu besar atau terlalu kecil, sehingga tamu merasa nyaman dan acara berjalan lancar.

Selain itu, jangan lupa pertimbangkan lokasi venue untuk pernikahan Anda. Beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah kemudahan venue untuk dijangkau, baik untuk tamu dari luar kota maupun dari dalam kota. Selain itu, pertimbangkan juga akomodasi di sekitar venue, terutama untuk tamu yang berasal dari luar kota. Venue yang dekat dengan akomodasi seperti hotel sangat membantu tamu Anda.

3. Sesuaikan Dengan Tema Pernikahan

Langkah selanjutnya adalah menyesuaikan tema pernikahan dengan venue yang akan Anda sewa. Jika Anda ingin memiliki acara pernikahan dengan konsep outdoor, memilih venue dengan ruangan luar yang luas serta memiliki taman yang indah bisa Anda pilih untuk mendukung tema pernikahan Anda.

Sebaliknya, jika Anda ingin pernikahan di gelar di dalam gedung dengan berbagai dekorasi cantik, Anda bisa memilih tempat indoor yang luas dan bisa menampung banyak tamu. Pertimbangkan juga akses masuk ruangan agar tamu tidak kesulitan saat ingin masuk atau keluar gedung. Jangan lupa, perhatikan tempat parkir kendaraan pribadi yang disediakan oleh pihak gedung agar tamu Anda tidak perlu parkir terlalu jauh dari pintu masuk gedung.

4. Pelayanan dan Fasilitas

Agar acara pernikahan Anda dapat berjalan lancar, Anda perlu mempertimbangkan pelayanan yang diberikan oleh pihak venue serta fasilitas di dalamnya. Beberapa pelayanan seperti paket wedding all in one, pelayanan parkir, hingga dekorasi dan keperluan pernikahan perlu disiapkan dengan baik oleh pihak venue.

Begitu juga fasilitas yang diberikan, mulai dari kursi tamu, meja, dekorasi, hingga kamar kecil dan kamar bersalin yang nyaman dan bersih. Anda juga bisa minta pihak venue untuk menyiapkan fasilitas tambahan yang sesuai dengan kebutuhan acara Anda.

5. Lihat Langsung

Agar Anda lebih puas dan jelas dengan tempat yang akan Anda sewa, tidak ada salahnya Anda dan pasangan Anda datang dan lihat langsung tempat yang akan disewa. Hal ini akan membuat Anda lebih memahami fasilitas dan kondisi tempat tersebut.

Berbeda jika Anda hanya mengandalkan dari foto saja, karena foto memang bertujuan untuk menarik minat Anda sehingga dirancang sedemikian rupa agar terlihat indah.

Anda bisa cek bagian dalam gedung, ruang parkir kendaraan, hingga keamanan dan juga fasilitas gedung. Dengan mengunjungi langsung, Anda dapat memperkirakan bagaimana suasana tempat pernikahan pada hari pernikahan.

Nah, selain mempersiapkan tempat, ada beberapa hal yang perlu Anda pastikan kembali agar sesuai dengan rencana pernikahan Anda, seperti:

- Catering

Catering memiliki peranan penting mengenai kenyamanan tamu, keluarga, dan juga Anda di acara pernikahan. Anda bisa mencicipi menu dari penyedia catering yang akan Anda gunakan. Tidak ada salahnya terlibat dalam pemilihan menu atau paket agar Anda bisa menyesuaikannya dengan pernikahan Anda.

- Dokumen Pernikahan

Jangan lupa untuk mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk mengadakan pernikahan. Anda bisa menyiapkan beberapa dokumen seperti foto kopi KTP, KK, akta kelahiran, ijazah, hingga beberapa formulir seperti formulir surat pengantar nikah dan formulir permohonan kehendak nikah.

- Anggaran

Sesuaikan acara pernikahan Anda dengan anggaran yang telah Anda dan pasangan siapkan. Persiapkan venue, fasilitas, hingga cindera mata yang sesuai dengan keuangan Anda. Jangan sampai, pernikahan malah membuat Anda memikirkan tentang finansial Anda kedepannya.

Nah, itu dia beberapa tips memilih venue pernikahan. Jika Anda ingin mencari paket wedding all in one dengan pilihan venue yang beragam, Anda bisa mengunjungi paket wedding di yesido. Di sayyesido, Anda akan menemukan banyak pilihan menarik tentang venue dan paket pernikahan yang bisa Anda pilih. (ADV)