5 Tips Memilih Katering untuk Resepsi Pernikahan, Penting Sesuaikan Budget dan Tema
Ilustrasi tips memilih katering untuk resepsi pernikahan sesuai budget dan tema (Freepik/mrsiraphol)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Viral mengenai katering resepsi pernikahan yang menghadirkan stall Sushi Tei dan Starbucks kemarin. Tampaknya, dalam memilih katering untuk hari penting perlu banyak pertimbangan. Dua hal yang perlu jadi pertimbangan adalah budget serta tema pernikahan yang digelar. Untuk itu, berikut tips memilih katering untuk resepsi pernikahan yang sesuai.

1. Uraikan preferensi makanan Anda

Setiap orang memiliki preferensi makanan yang berbeda-beda. Tentu untuk acara pernikahan tak mungkin merangkum semua preferensi namun bisa dengan mudah dinegosiasikan satu sama lain. Agar tak membuat Anda ragu, maka penting menguraikan preferensi makanan Anda terlebih dahulu sebelum memilih menu apa yang akan dihidangkan di meja tamu.

Ada bermacam-macam menu, mulai dari yang tradisional hingga inovatif.  Bisa juga Anda menghadirkan makanan sebagai penghormatan. Namun menu yang dihadirkan harus bersifat personal sesuai dengan pertimbangan Anda dan pasangan.

tips memilih katering untuk resepsi pernikahan
Ilustrasi tips memilih katering untuk resepsi pernikahan (Freepik/lifeforstock)

Menurut Carla Ruben, desain kuliner dan pendiri Creative Edge Party dilansir Brides, Minggu, 11 Juni, pernikahan terbaik adalah ketika kedua mempelai memilih menu yang mereka inginkan. Ini membuat hidangan tampak personal sesuai dengan pribadi kedua mempelai. Sebelum membahas logistik, pastikan calon katering memahami dan bisa menerima visi Anda. Pastikan pula katering dapat mengakomodasi alergi atau pantangan makanan tamu-tamu Anda.

2. Tentukan anggaran, gaya, dan persiapan

Pencarian yang sungguh-sungguh bisa dilakukan setelah menentukan anggaran. Anda perlu melakukan beberapa riset untuk melihat berapa biaya khas katering pernikahan di daerah Anda dan tetapkan anggaran. Saat meriset katering pernikahan, tanyakan termasuk biaya, desain meja hingga taplaknya, desain menu, dan layanan yang tersedia. Selain menentukan anggaran, perlu juga memastikan gaya makanan. Seperti gaya makan malam duduk dengan hidangan pembuka sampai penutup atau prasmanan.

Menanyakan soal persiapak katering juga penting. Seperti bagaimana pihak katering menyiapkan makanan tersaji hangat dan berasal dari bahan-bahan segar.

tips memilih katering untuk resepsi pernikahan
Ilustrasi tips memilih katering untuk resepsi pernikahan (Freepik/prostooleh)

3. Mulai mencari lebih awal untuk memastikan ketersediaan

Setelah menetapkan anggaran dan mengetahui gaya hidangan, mulailah mencari jasa katering lebih awal. Ini juga lebih ringan kalau Anda meminta menu tertentu menimbang ketersediaan. Katering sering dipesan berbulan-bulan sebelumnya. Dengan begitu Anda bisa memiliki waktu panjang untuk riset menu hingga request menu yang sesuai dengan preferensi.

4. Pertimbangkan persyaratan venue

Beberapa venue atau gedung yang dipakai untuk pernikahan menetapkan persyaratan tertentu. Misalnya sewa venue include dengan wedding organizer dari tempat tersebut hingga vendor kateringnya. Maka, pastikan juga bagaimana persyaratan atau fasilitas dari venue.

tips memilih katering untuk resepsi pernikahan
Ilustrasi tips memilih katering untuk resepsi pernikahan (Freepik/prostooleh)

5. Mencicip menu katering

Setelah pilihan dipersempit, mulai dari gaya hidangan, budget, fasilitas venue, dan menu sesuai preferensi, maka disarankan untuk menjadwalkan mencicipi menu. Penting diketahui, tidak setiap katering menawarkan mencicipi menu secara gratis. Jika katering memiliki restoran, cobalah makan di sana. Anda juga bisa menghubungi manajemen terkait dengan jenis menu dan koki yang memasak hidangan dalam menu.

Di atas kelima tips memilih katering untuk pernikahan. Selain melakukan riset, penting pula menggali informasi dari orang-orang terpercaya untuk menjatuhkan pilihan terkait vendor katering, wedding organizer, hingga stall makanan untuk dihidangkan pada resepsi pernikahan yang akan digelar.