Bagikan:

YOGYAKARTA – Keberadaan wedding robe di Indonesia masih sangat jarang. Hal itu terjadi karena belum banyak orang mengenal wedding robe. Selain itu keberadaan pakaian tersebut tidak merepresentasikan kebudayaan Indonesia. Meski demikian, wedding robe sebagai salah satu pakaian acara pernikahan punya maksud dan tujuan yang beragam.

Artikel ini akan membahass wedding robe mencakup pengertian, manfaat, dan tips pemilihannya.

Mengenal Wedding Robe

Jika ditinjau dari bahasa, kata “robe” adalah istilah dalam bahasa Inggris yang berarti jubah. Dalam istilah wedding robe bisa dimaknai sebagai jubah pengantin.

Saat ini wedding robe diartikan sebagai pakaian yang dikenakan oleh calon pengantin sebagai bagian dari persiapan pernikahan. Tradisi ini populer terutama di negara-negara Eropa. Penggunaan robe sebenarnya diawali dari kebiasaan wanita bangsawan yang mengenakan jubah mewah sebagai bagian dari persiapan untuk berangkat ke acara besar dan formal.

Dari kebiasaan itu munculah wedding robe, yakni pakaian yang dikenakan sebelum calon mempelai wanita mengenakan gaun pengantin.

Karakteristik Wedding Robe

Tampilan wedding robe pada dasarnya tak kalah menawan dari gaun pengantin. Pakaian ini biasanya mengutamakan beberapa aspek yakni sebagai berikut.

  1. Elegan

Meski dikenakan sebelum mempelai wanita mengenakan gaun pengantin, wedding robe tetap didesain secara elegan dan menawan. Bahkan saat ini banyak desainer Indonesia yang merancang wedding robe secara khusus yang disesuaikan dengan tema pernikahan.

  1. Nyaman

Tidak hanya mengutamakan penampilan, wedding robe juga menguatamakan kenyamanan. Biasanya pakaian ini dibuat dari bahan yang lembut seperti satin, sutra, atau katun.

  1. Lebih Personal

Karena dikenakan oleh calon pengantin saja, maka desain dan bahan disesuaikan dengan kebutuhan si pemakai. Desainer akan menanyakan keinginan calon mempelai terkait desainnya.

Manfaat Wedding Robe

Pembuatan wedding robe bukan tanpa alasan. Kehadiran wedding robe memberikan manfaat tersendiri bagi calon mempelai.

  1. Meminimalisir Kerusakan pada Gaun Pengantin

Wedding robe akan dikenakan sebelum mempelai wanita mengenakan gaun pengantinnya. Misalnya, saat make up atau sebelum sesi utama dalam pernikahan. Wedding robe jadi pakaian sementara sebelum gaun dikenakan sehingga membantu meminimalisir kerusakan pada gaun.

  1. Meningkatkan Kenyamanan

Kenyamanan mempelai wanita akan tetap terjaga menjelang acara inti pernikahan. Tidak hanya terbuat dari bahan yang lembut, wedding robe biasanya dibuat lebih sederhana sehingga tidak membatasi pergerakan mempelai sebelum acara inti dimulai.

  1. Menambah Rasa Percaya Diri

Wedding robe juga membantu menambah rasa percaya diri pengantin. Rasa grogi kadang melanda calon mempelai wanita. Pakaian ini seperti simulasi sehingga mempelai bisa lebih siap melenggang ke pelaminan.

Tips Memilih Wedding Robe

Bagi Anda yang berencana mengenakan wedding robe, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni sebagai berikut.

  1. Pilih Bahan Paling Nyaman

Usahakan untuk memilih bahan kain wedding robe yang nyaman karena pakaian ini akan dikenakan selama beberapa waktu sebelum pengantin mengenakan gaun.

  1. Pilih Model yang Sederhana

Disarankan untuk memilih wedding robe dengan desain yang sederhana, nyaman, dan tidak terlalu membatasi gerak pengantin.

  1. Personalisasikan

Dalam artian, desain wedding robe bisa disesuaikan dengan kebutuhan mempelai wanita. Personalisasi mecakup warna, asesoris, dan lain sebagainya.

Diharapkan masyarakat lebih mengenal wedding robe. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.id.