Perbedaan Marinasi dan Ungkep, Dua Metode Membumbui Daging yang Umum Digunakan Masyarakat Indonesia

YOGYAKARTA – Marinasi dan ungkep adalah dua metode membumbui daging yang kerap digunakan oleh masyarakat Indonesia. Nah, dalam artikel ini akan dibahas perbedaan marinasi dan ungkep. Baca terus sampai habis, ya!

Marinasi adalah proses membumbui protein hewani, seperti daging ayam, daging sapi, daging kambing, dan ikan menggunakan marinade yang terdiri dari campuran minyak, air jeruk, cuka, dan rempah-rempah lainnya.

Sementara ungkep adalah teknik memasak daging dengan api kecil agar bumbu meresap sempurna.

Perbedaan mendasar antara marinasi dan ungkep, yakni marinasi tidak membutuhkan pemasakan. Secara lebih rinci, berikut perbedaan marinasi dan ungkep dalam hal mengolah daging: 

  1. Lama waktu marinasi dan ungkep

Lama waktu marinasi cenderung lebih singkat ketimbang ungkep. Umumnya, marinasi dilakukan selama 15 menit. Sedangkan ungkep, membutuhkan waktu minimal 30 menit agar daging terasa empuk dan bumbunya meresap dengan sempurna.

  1. Bumbu

Bumbu marinasi adalah cairan (cair atau pasta) biasanya dilumurkan keseluruh bagian daging ayam atau unggas, daging sapi, makanan laut, atau sayuran sebelum dimasak untuk menambah rasa atau untuk tujuan melunakkan potongan daging yang lebih keras.

Hal ini berbeda dengan bumbu ungkep yang harus melewati proses pemasakan. Bumbu ungkep biasanya berasal dari rempah, sepeti kunir, jahe, kemiri, jahe dan lengkuas, dan lainnya. Dalam proses pemasakan, bumbu ungkep bisa ditambahkan santan, gula merah dan berbagai bahan tambahan lain.

  1. Ketahanan

Daging yang dimarinisasi harus segera dimasak agar tidak basi. Hal tersebut dikarenakan marinasi tidak melalui proses pemasakan, sehingga kesegaran daging akan berkurang setelah didiamkan dalam waktu yang lama.

Berbeda dengan ungkep yang melewati proses pemasakan dengan api kecil. Setelah diungkep, daging ayam atau sapi masih bisa disimpan dalam beberapa hari ke depan.

Demikian informasi tentang perbedaan marinasi dan ungkep. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.