Aplikasi Nearby Share untuk Windows Kini Diperluas Secara Global

JAKARTA - Google belum lama ini merilis Berbagi Terdekat atau Nearby Share untuk Windows, tetapi hanya beberapa negara yang bisa mengaksesnya. Sekarang, aplikasi tersebut diperluas ke berbagai negara secara global.

Perusahaan pertama kali memperkenalkan aplikasi di gelaran CES 2023. Di mana, Nearby Share dapat digunakan untuk memudahkan pengguna Android mentransfer file ke Windows.

Melalui laman dukungan, Google memperbarui kebijakannya secara diam-diam dengan menyatakan, "Beta Berbagi Terdekat untuk PC Windows tersedia di AS dan sebagian besar negara secara global."

Namun karena masih sebagian besar, terdapat negara seperti Kuba, Iran, Korea Utara, dan Suriah yang belum dapat menjajal aplikasi ini.

Perlu diingat, aplikasi ini belum sempurna di mana Google masih merilisnya dalam versi beta dan tidak diketahui pasti kapan versi stabil akan dirilis.

Nearby Share juga masih tidak berfungsi dengan PC Windows dengan prosesor ARM. Tetapi, jika pengguna menggunakan PC Windows 10 dan 11 dengan prosesor 64-bit, dan perangkat Android yang memiliki Android 6.0 atau lebih tinggi, aplikasi itu dapat bekerja.

Meski begitu, Nearby Share untuk Windows berfungsi tanpa masalah. Perlu dicatat, saat berbagi file antara dua perangkat, pengguna harus mendukung Bluetooth dan Wi-Fi.

Terakhir, pengguna juga harus terhubung ke jaringan yang sama dan perangkat harus berada dalam jarak 16 kaki. Pengguna dapat mengunduh aplikasi di situs resminya. Demikian dikutip dari berbagai sumber, Selasa, 9 Mei.