Bukk, Jajaran Terbaru Motor Listrik Cake Motorcycles

JAKARTA - Cake adalah produsen sepeda motor listrik, moped, dan sepeda listrik yang berbasis di Stockholm, Swedia. Perusahaan ini didirikan oleh pengusaha dan veteran Ikea Stefan Ytterborn pada 2016. Sepeda motor pertama mereka, Kalk, diluncurkan pada 2018 dan membawa pulang penghargaan Red Dot Design.

Kalk 2018. (Dok. Cake)

Terbaru, Cake meluncurkan versi produksi Bukk sebagai anggota terbaru dari jajaran sepeda motor listriknya.

Bukk tersedia dalam dua versi dasar Powerlight dengan daya puncak 16 kW dan Superlight yang menghasilkan daya maksimum 13 kW seperti dikutip Advpulse, Rabu, 25 April.

Motor ini memakai motor magnet permanen internal (IPM) terbaru yang desainnya fokus terutama pada efisiensi, daya, dan keandalan dalam paket yang relatif kecil.

Konstruksi sepeda motor ini juga ringan memiliki berat 89 kg menggunakan rangka aluminium kelas pesawat terbang yang dirancang untuk mengoptimalkan kinerja motor ringan yang selaras dengan desain bingkai minimalis CAKE.

Drivetrain dikembangkan untuk beroperasi pada tegangan rendah dan tinggi dengan kemampuan mencapai kecepatan lebih dari 100 km/jam dan menghasilkan torsi 500 Nm di roda belakang. Itu juga sejalan dengan target sepeda motor andalan CAKE, antara komuter perkotaan dan sepeda motor trail offroad.

Bukk 2023. (Dok. Cake)

Bukk dilengkapi baterai 72V/40 Ah yang cukup baik untuk berkendara  trail/enduro hingga tiga jam atau berkendara enduro campuran sejauh 85 km. Baterainya juga memiliki teknologi pertukaran cepat yang memungkinkan penggantian baterai dengan mudah dalam 30 detik tanpa memerlukan alat.

Sedangkan untuk pengisian daya, baterai dapat diisi dari nol hingga 80% dalam waktu 1 jam 55 menit dan hingga 100% dalam 2 jam 45 menit. Untuk harga, motor listrik terbaru ini dipasarkan dengan harga paling bawah 10.270 dolar AS atau kisaran Rp150 juta.