Mendarat di Malaysia, Lotus Eletre Ditawarkan hingga Rp2 Miliar

JAKARTA - SUV teranyar yang diproduksi oleh Lotus, Lotus Eletre secara resmi menyentuh pasar Malaysia. Sebagai Electric Vehicle (EV), Eletre akan menyediakan dua pilihan powertrain yang terdiri dari tiga varian yakni Eletre standar, Eletre S, dan versi tertingginya Eletre R.

Dilansir dari paultan, Kamis, 13 April 2023, bagian eksterior pada Eletre terdiri dari lampu depan LED matriks yang dilengkapi mode siang hari, lampu kabut, lampu selamat datang di rumah, serta jet washer berpemanas.

Untuk varian Electre S dan R ditambahkan kaca spion samping yang dapat menutup otomatis, kaca privasi belakang, serta pintu soft-closing.

Berpindah pada bagian kaki-kaki, Lotus menyematkan pelek forged 22 inci dengan ban Pirelli P Zero. Sedangkan, untuk varian Eletre R dilengkapi ban P Zero Corsa yang memiliki ukuran 275/35 depan dan 315/30 belakang yang keduanya dipasangi pelek 23 inci hitam gloss.

Untuk bagian interior, SUV berkapasitas lima tempat duduk memilih bahan serat mikro yang juga ramah lingkungan dibanding berbahan baku kulit asli.

Lotus juga menawarkan beberapa fitur seperti pengisian daya nirkabel, tempat gelas yang tertata rapi, sistem infotainmen dengan pengoperasian dari Lotus Hyper OS dengan bantuan sistem-on-chip Qualcomm 8155, serta konten 3D generasi mendatang yang didukung oleh teknologi Unreal Engine.

Sistem infotainmen juga meliputi layar 15,1 inci yang terletak di tengah dengan full HD OLED layar sentuh, 15-speaker KEF Premium Uni-QTM, serta juga tersedia dalam pilihan 23-speaker.

Untuk fitur keamanan disediakan Adaptive Cruise Control (ACC), sistem pemantauan pengemudi, peringatan tabrakan, Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Front Cross Traffic Alert (FCTA), pendeteksi titik buta, serta bantuan parkir untuk pengemudi.

Dalam segi komponen dalam, semua versi akan dibekali dual-motor dengan sistem penggerak semua roda (AWD). Namun, setiap varian memiliki daya output dan performa yang berbeda.

Varian standar dan Eletre S mampu menghamburkan daya 605 dk dan torsi 710 Nm yang dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 4,5 detik yang dapat melaju dengan kecepatan tertinggi hingga 258 km/jam.

Berbeda dengan dua varian lainnya, Eletre R memiliki performa yang tinggi. SUV tersebut dapat menghasilkan 905 dk dan torsi 985 Nm, yang mampu melaju dari 0 hingga 100 km/jam dalam kurun waktu 2,95 detik. Eletre R mampu menghasilkan top speed hingga 265 km/jam yang diklaim oleh Lotus sebagai SUV listrik dengan motor ganda tercepat di dunia.

Dari segi harga, Lotus menawarkan Eletre standar seharga 578.000 ringgit Malaysia (kisaran Rp1,9 miliar), Eletre S seharga 648.000 (kisaran Rp2,1 miliar), dan Eletre R seharga 798.000 (sekitar Rp2,6 miliar).

Lotus Cars Malaysia hanya akan menghadirkan 200 unit untuk Malaysia dan mereka mengklaim jika sudah ada 140 pelanggan yang memesan selama 2023.