Pangkas Waktu Perjalanan, Maskapai Emirates Perkenalkan Robot Check-in multibahasa

JAKARTA - Maskapai penerbangan Emirates akan memperkenalkan banyak robot multibahasa untuk mempercepat proses check-in penumpang di bandara Dubai, memangkas waktu antrean dan menyalurkan lebih banyak pelancong melalui hub internasional tersibuk di dunia, karena maskapai penerbangan jarak jauh ini berinvestasi besar-besaran dalam teknologi terbaru.

Maskapai ini akan memperkenalkan robot check-in yang dikembangkan secara lokal dalam dua bulan ke depan setelah produksi mencapai skala komersial, dengan rencana lebih dari 200 unit selama dua tahun ke depan, kata Chief Operating Officer Emirates Adel Al Redha kepada para wartawan.

"Kami adalah maskapai penerbangan pertama di dunia yang telah memperkenalkan atau berencana untuk memperkenalkan robot check-in portabel ... Robot yang dapat menyelesaikan semua proses check-in Anda, termasuk menerbitkan kartu boarding yang akan dikirim ke nomor atau email Anda yang terdaftar, dan pengenalan wajah dengan memindai paspor Anda," katanya dilansir dari The National News 6 April.

"Jadi, Anda akan melalui pemeriksaan paspor dan kemudian melewati gerbang atau ruang tunggu tanpa harus menunjukkan dokumen Anda lagi," lanjutnya.

Penggunaan robot di bandara, khususnya di ruang transfer penumpang dan ruang transit, akan "sangat membantu" jika terjadi gangguan atau pergantian penerbangan, katanya.

"Kami akan meningkatkannya dan membawanya ke tingkat yang lebih tinggi di mana robot ini akan dapat terhubung dengan imigrasi untuk menentukan apakah Anda memiliki izin yang tepat untuk memasuki negara ini, apakah Anda memiliki visa yang tepat, memberikan konfirmasi pemesanan hotel atau memesan hotel," terang Al Redha.

"Kami akan membawanya ke tingkat yang lebih tinggi dari robot check-in," tandasnya.

Robot check-in baru Emirates, yang diberi nama Sara, dapat melakukan check-in tiga langkah sederhana menggunakan identifikasi biometrik penumpang di bandara.

Robot ini berkemampuan AI dan, di masa depan, akan dapat membantu penumpang dengan layanan tambahan seperti navigasi bandara, pemesanan tiket, dan menerima bagasi, kata maskapai tersebut.

Al Redha tidak menyebutkan berapa banyak dana yang telah diinvestasikan untuk teknologi baru ini. Namun ia mengatakan, teknologi ini akan membantu maskapai ini untuk mengatasi peningkatan jumlah penumpang dengan menggunakan kapasitas bandara saat ini.

"Permintaan penumpang terus meningkat dan kami akan melihat pertumbuhan jumlah penumpang minimal dua digit dalam beberapa tahun ke depan," jelasnya.

Diketahui, Emirates berinvestasi besar-besaran dalam transformasi digital, teknologi mutakhir, dan biometrik untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, meningkatkan efisiensi operasional, dan mendukung upaya keberlanjutan.

"Kekuatan komputasi yang tak tertandingi" juga akan menghasilkan "lompatan" di banyak bidang seperti analisis data penumpang, terangnya.

Meskipun penggunaan teknologi canggih dalam industri penerbangan akan mengurangi jumlah pekerjaan tradisional, hal ini juga akan memunculkan jenis peran baru dan meningkatkan keterampilan atau meningkatkan keterampilan beberapa staf, katanya.