Modifikasi Dodge Challenger: Back to the Past

Jakarta - Bagi para penggemar mobil berotot (American Muscle), pasti mengenal salah satu mobil ikoniknya yaitu Dodge Challenger. 

Mobil yang diluncurkan tahun 2008 dan memiliki desain lempeng terinspirasi oleh Challenger tahun 60-an ini, memang terlihat gagah. 

Meski begitu, perusahaan tuning, eXoMod Concepts tergerak memodifikasinya menyerupai model legendaris Charger 1968.

Modifikasi oleh eXoMod Concepts ini disebut Quicksilver dan membutuhkan waktu pengerjaan sekitar 1.500 jam seperti dilansir dari Motor1, Rabu, 5 April.

Adapun yang dilakukan eXoMod  adalah bodinya diganti bahan serat karbon agar tidak menambah berat mobil. Dan benar saja, beratnya berkurang 181kg dari Dodge Challenger standar.

Pada bagian mesin, eXoMod Concepts memberikan mesin V8 6,2 liter supercharged yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 807 dk. Mesin tersebut dikawinkan dengan sistem transmisi TorqueFlite delapan percepatan milik Dodge.

Selain itu, perusahaan tuning ini juga melakukan peningkatan pada sistem pengereman dengan membekali kaliper rem Brembo enam piston dengan ukuran 15,7 inci. Pelek mobil juga ditingkatkan dengan menggunakan pelek Forgeline 20 inci yang dibuat khusus dan dikelilingi oleh ban karet Nitto NT555.

Saat ini, eXoMod Concepts hanya membuat satu modifikasi Challenger yaitu Quicksilver, namun bagi para pelanggan yang berminat dapat membelinya seharga 345.000 dollar AS atau sekitar Rp5,1 miliar. 

Selain Challenger, eXoMod juga berencana untuk menggarap sebanyak 10 mobil lainnya dengan tambahan bahan karbon dan beberapa perubahan berdasarkan model aslinya.