Atas Temuannya, Insinyur Honda Ini Terima Penghargaan Tertinggi di Amerika Serikat

JAKARTA - Eric Heitkamp, seorang insinyur Honda menerima penghargaan keselamatan tertinggi di Amerika Serikat untuk desain kantong udara (airbag) terbaru yang mampu mengurangi cedera otak. Airbag ini debut di Acura TLX (2021) dan selanjutnya jadi fitur standar di Honda Pilot, dan MDX.

Airbag yang dikembangkan Eric Heitkamp ini dapat membantu mengurangi risiko cedera otak pada pengemudi dan penumpang dalam kecelakaan mobil, dikutip Carscoops, Selasa, 4 April.

Cara kerjanya mirip sarung tangan baseball yang menangkap bola atau sederhananya desain airbag baru ini terdiri dari tiga ruang, dan yang di tengah tetap tidak terisi, untuk menangkap kepala penghuninya. Sementara itu, bilik di kedua sisinya menopang dan melindungi kepala.

Airbag ini menggunakan teknologi baru yang dapat mendeteksi kecepatan mobil, berat penumpang, dan sudut tubuh mereka selama kecelakaan. Berdasarkan data yang dikumpulkan, airbag kemudian mengembang dengan cara yang tepat untuk melindungi kepala dan leher dari pengemudi atau penumpang.

Pengembangan airbag ini telah memakan waktu bertahun-tahun dan melibatkan banyak riset dan pengujian termasuk upaya Heitkamp mengumpulkan data-data cedera otak kecelakaan mobil di Departemen Perhubungan AS.

Penghargaan keselamatan tertinggi yang diterima oleh Eric Heitkamp disebut "Governor's Award for Safety Innovation" dan diberikan oleh Gubernur California, tempat Honda memiliki fasilitas produksi utamanya di Amerika. 

Ini adalah penghargaan pemerintah AS kedua berturut-turut untuk insinyur dari Honda. Tahun lalu acara yang sama, Sue Bai mendapatkan penghargaan atas teknologi terkoneksi kendaraan Honda.