Masalah pada Wiper, Hyundai Tarik Kembali Palisade

JAKARTA - Proses penarikan kembali (recall) dilakukan oleh kubu Hyundai. Produsen mobil asal negeri ginseng tersebut melakukan recall pada SUV terbaru mereka, Palisade.

Recall dilakukan karena terjadinya malfungsi sistem wiper. Total penarikan kendaraan bermasalah berjumlah 167.000 unit dari produksi tahun 2021 hingga 2023.

Dikutip dari Carscoops, Sabtu, 25 Maret, model Palisade yang terkena dampak beredar di Amerika Serikat. Investigasi pada masalah ini dilakukan Badan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat, NHTSA tahun lalu, NHTSA mengungkap sebanyak 126.000 unit produksi 2020 hingga awal 2021 juga memiliki masalah yang sama.

Diperkirakan masalahnya akibat sistem motor wiper yang tidak berfungsi ketika mau digunakan. Tentu akan bahaya bila masalah ini terjadi saat berada di cuaca seperti salju atau hujan badai.

Hyundai juga akan melakukan investigasi terkait hal tersebut. Dan akan menyetel ulang circuit breaker pada mobil secara berkala agar wiper tidak mengalami malfungsi.

Sementara itu, Hyundai menjamin konsumen yang mendapatkan Palisade setelah tanggal 22 November 2022, tidak terkena proses recall. Hyundai juga akan mengimbau konsumen untuk segera membawa model yang terdampak recall untuk dibawa ke bengkel resmi terdekat. Belum ada kabar lebih lanjut apakah proses recall tersebut juga berdampak pada negara lain di luar Amerika Serikat.