Cara Menyiapkan Dana Pendidikan Anak dari PAUD hingga Kuliah

YOGYAKARTA - Dana pendidikan anak menjadi salah satu prioritas keuangan dalam keluarga. Lantaran jumlahnya tidak sedikit, maka dana pendidikan anak perlu direncanakan dan disiapkan sejak jauh-jauh hari. Bagaimana cara menyiapkan dana pendidikan anak agar tidak keteteran dan mengganggu keuangan keluarga?

Setiap orang tua pasti ingin anaknya mendapat pendidikan yang layak bahkan berkualitas. Langkah untuk mewujudkan keinginan tersebut yakni dengan mempersiapkan dana pendidikan anak segera mungkin. Dana pendidikan anak dimulai dari anak masuk PAUD atau TK. Orang tua pun harus menyiapkan dana pendidikan anak hingga jenjang perguruan tinggi atau kampus

Mengingat masa pendidikan anak cukup lama, maka menyiapkan dana pendidikan anak menjadi PR besar bagi orang tua. Apalagi orang tua masih harus mencukupi kebutuhan lain dalam keluarga. Belum lagi dana pendidikan anak yang selalu meningkat setiap tahunnya. Lalu gimana cara menyiapkan dana pendidikan anak?

Cara Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Setiap orang tua memang dituntut untuk bekerja keras demi bisa menabung untuk dana pendidikan anak. Selain menabung, ada sejumlah hal lain yang harus diperhatikan dan diterapkan saat menyiapkan dana pendidikan anak. 

Untuk menyiapkan dana pendidikan anak, Anda perlu berdiskusi dengan pasangan. Berikut cara menyiapkan dana pendidikan anak yang perlu Anda terapkan.

Mencari Informasi Sekolah

Seringkali orang tua dibingungkan dengan pilihan sekolah untuk anak. Ada banyak sekolah yang bisa dipilih oleh orang tua, baik negeri maupun swasta. Pilihlah sekolah sesuai dengan kebutuhan terkait sistem pendidikan yang Anda inginkan untuk anak. Sejumlah hal yang bisa Anda pertimbangkan, seperti kurikulum, tenaga pengajar, hingga kelengkapan fasilitasnya. 

Saat memilih sekolah, Anda juga bisa menyesuaikan dengan kondisi keuangan. Setiap sekolah memberlakukan biaya yang berbeda-beda tergantung dari kebijakan, layanan, dan fasilitas yang diberikan. Anda bisa mengecek terlebih dahulu berapa perkiraan biaya yang perlu dikeluarkan di sekolah tersebut, mulai dari pendaftaran hingga lulus nanti. 

Membuat Rencana Waktu

Selanjutnya Anda dan pasangan perlu membuat rencana waktu dalam menyiapkan dana pendidikan anak. Anda perlu memperhatikan usia anak saat ini dan di usia berapa anak masuk sekolah. Dengan menghitungnya, Anda jadi memiliki acuan waktu untuk menyiapkan dana pendidikan anak. 

Dalam membuat rencana waktu, Anda bisa menyusun timeline jenjang sekolah anak berdasarkan waktunya. Tentukan kapan anak akan masuk PAUD, TK, TK, SD, hingga kuliah. Di setiap jenjang pun harus dibuat anggaran detail masing-masing karena kebutuhannya berbeda-beda. Dengan membuat rencana waktu, maka persiapan dana pendidikan anak bisa berjalan lebih efektif dan tepat. 

Membuat Perencanaan Biaya

Setelah membuat timeline jenjang sekolah anak, Anda perlu membuat perencanaan biaya. Perencanaan biaya ditentukan dari sekolah yang sudah Anda pilih untuk anak. Dalam menyusun anggaran dana pendidikan anak, Anda perlu menghitung estimasi biaya sekolah dan kebutuhan harian anak. 

Penyusunan anggaran juga perlu dibedakan di tiap jenjang sekolah, mengingat cara pembayaran dan kebutuhannya berbeda-beda. Misalnya jenjang TK sampai SMA yang bisa dibayar bulanan. Sementara biaya perkuliahan dibayarkan per semester atau enam bulan. Selain itu, Anda juga perlu menghitung adanya inflasi setiap tahunnya. 

Melakukan Investasi Jangka Panjang

Langkah lain yang diperlukan dalam menyiapkan dana pendidikan anak adalah dengan investasi jangka panjang. Investasi menjadi alat untuk mengamankan atau menambahkan keuangan Anda di masa mendatang. Semakin cepat Anda berinvestasi maka persiapan dana pendidikan anak bisa lebih matang. 

Anda bisa melakukan investasi dalam jangka waktu menengah antara 1-5 tahun dan jangka panjang di atas 5 tahun. Ada berbagai instrumen investasi yang bisa Anda pilih, seperti Reksa Dana, Saham, Obligasi, emas, dan sebagainya. Pilihlah jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan profil risiko yang Anda inginkan. 

Memiliki Asuransi Pendidikan 

Asuransi pendidikan juga perlu Anda miliki dalam menyiapkan dana pendidikan anak. Asuransi pendidikan menjadi proteksi untuk melindungi Anda dari berbagai risiko yang bisa menimpa di kemudian hari, seperti jatuh sakit, terkena PHK, meninggal dunia. Asuransi akan mengkaver atau menanggung dana pendidikan anak saat Anda mengalami hal tersebut. 

Saat mulai merencanakan pendidikan anak, siapkan asuransi dengan uang pertanggungan yang cukup, baik jiwa maupun kesehatan. Asuransi pendidikan juga menawarkan return yang lebih tinggi. 

Demikianlah cara menyiapkan biaya pendidikan anak bagi yang perlu diterapkan oleh orang tua. Menyiapkan dana pendidikan anak memang memerlukan effort yang lebih besar, namun asalkan disiapkan secara matang maka bisa efektif dan tepat. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.