Selamat, Michelle Yeoh jadi Artis Asia Pertama yang Menang Piala Oscar

JAKARTA - Michelle Yeoh membuat sejarah dengan menjadi orang Asia pertama yang menang sebagai aktris utama Piala Oscar 2023 pada Minggu, 12 Maret waktu setempat. Yeoh menang Academy Award pertama berkat film 'Everything Everywhere All at Once'.

Dalam pidato kemenangannya dia menyebut mimpi jadi kenyataan.

"Untuk semua anak laki-laki dan perempuan yang terlihat seperti saya menonton malam ini, ini adalah mercusuar harapan dan kemungkinan. Ini adalah bukti bahwa mimpi memang menjadi kenyataan. Dan nona-nona, jangan biarkan siapa pun memberi tahu Anda bahwa Anda pernah melewati masa jaya Anda. Jangan pernah menyerah," ujarnya dikutip dari Variety, Senin, 13 Maret. 

Yeoh mendedikasikan penghargaan tersebut untuk ibunya dan semua ibu di dunia.

“Mereka benar-benar pahlawan super dan tanpa mereka, tidak seorang pun dari kita akan berada di sini malam ini,” katanya.

Disutradarai oleh Daniel Kwan dan Daniel Scheinert yang juga menang Oscar 2023, film ini berpusat pada petualangan sci-fi lucu tentang Evelyn Wang, seorang pemilik binatu paruh baya. Saat diaudit oleh IRS, menemukan bahwa dia harus terhubung dengan versi dirinya dari alam semesta paralel untuk mencegah bencana alam. penghancuran.

Duo sutradara film Everything Everywhere All at Once, Daniel Kwan dan Daniel Scheinert, meraih penghargaan di kategori Best Director atau Sutradara Terbaik Oscar 2023. Terakhir kali duo sutradara itu meraih penghargaan Sutradara Terbaik terjadi di tahun 2007.

Daniel Kwan juga memuji orang tuanya yang memberikan inspirasi dan pengorbanan baginya.

"Kalian mereka ulang DNA-ku setiap hari. Kalian seharusnya tidak hidup dengan standar seperti ini. Ini tidak normal. Ini hal yang gila. Aku sayang kalian," kata Daniel Kwan.

'Everything Everywhere All at Once' melaju ke panggung Oscar sebagai film dengan nominasi terbanyak. Film yang dibintangi oleh Michelle Yeoh ini meraih 11 nominasi termasuk kategori seperti Sutradara Terbaik, Aktris Terbaik, hingga Film Terbaik.