Impreza S-Edition, Generasi Terakhir Legenda Impreza

JAKARTA - Pecinta otomotif pasti mengenal Subaru Impreza. Salah satu model ikonik yang pernah dibuat oleh pabrikan asal Jepang, Subaru. Namun, Subaru telah umumkan model terakhir Impreza, yaitu Impreza S-Edition.

Nah, Subaru Australia telah memperkenalkan duluan edisi spesial dari hatchback Impreza edisi ke-30 tersebut. Impreza S-Edition akan menjadi model terakhir yang menyandang nama legendaris "Impreza" sebelum nantinya beralih ke generasi baru.

"Impreza telah menjadi bagian penting dari keluarga Subaru selama 30 tahun, dan edisi khusus baru ini adalah cara kami untuk merayakan warisan tersebut,” kata Managing Director Subaru Australia, Blair Read.

Mobil ini dilengkapi pelek STi berukuran 18 inci, Spoiler depan dan samping STi, grille sport serta emblem "S-Edition". Impreza edisi terakhir ini akan memiliki empat variasi warna, yaitu Pure Red, Crystal White, Crystal Black Silica dan Magnetite Grey.

Impreza S-Edition memiliki mesin empat segaris 2,0 liter NA dengan menghasilkan daya sebesar 154 dk dengan torsi 196 Nm, digabungkan dengan Continuous Variable Transmission (CVT) tujuh percepatan.

Berbeda dengan Australia, untuk pasar Amerika nanti menawarkan dua opsi mesin. Untuk versi standar, 4-silinder 2,0 liter yang menghasilkan tenaga 151 dk dan torsi 196 Nm. Sedangkan untuk versi sporty, memiliki mesin empat boxer 2,5 liter dengan daya yang lebih besar 182 dk dan torsi 241 Nm.

Untuk diketahui, Subaru Impreza pertama kali diperkenalkan di pasar Australia pada tahun 1993 dan telah terjual sekitar 170.000 menurut data Badan Federal Industri Otomotif Australia (VFACTS).