Ayu Laksmi Umumkan Rehat Sejenak dari Dunia Perfilman

JAKARTA - Aktris Ayu Laksmi mengungkap rencananya untuk rehat sejenak dari dunia perfilman. Niat tersebut ia ungkap setelah ia menjalani gala premiere film terbarunya, Perjanjian Gaib.

Aktris dengan nama lengkap I Gusti Ayu Laksmiyani itu memutuskan rehat untuk merawat sang ibu. "Untuk sementara ini sebenarnya saya sedang mengurangi kegiatan saya untuk syuting dan kegiatan lainnya karena saya berkewajiban untuk menjaga ibu saya yang sedang sakit," kata Ayu Laksmi di Kuningan, Jakarta Selatan, Senin, 6 Maret.

Karena kondisi tersebut, aktris 55 tahun itu pun harus menolak beberapa tawaran yang datang padanya. "Jadi ini (Perjanjian Gaib) adalah film terakhir yang syuting, film-film lain belum bisa saya terima," sambungnya.

Ayu sendiri belum mengetahui dengan pasti kapan ia bisa kembali berakting. Saat ini, ia ingin fokus untuk merawat sang ibu, yang dianggap sebagai sosok kunci hingga bisa melangkah dan meraih berbagai prestasi dalam kariernya.

“Karena untuk saya, saya bisa melangkah dan merayakan kehidupan sampai saat ini atas doa dan restu dari ibu. Jadi saat ini waktunya saya untuk merayakan kehidupan bersama ibu. Ibu usia 89 tahun sekarang, doakan saja mudah-mudahan bisa sehat," tuturnya.

Untuk sementara waktu, Ayu Laksmi akan kembali ke kampung halamannya di Bali Utara. "Iya di Bali. Saya tinggal di Bali tapi karena sejak ibu sakit saya pindah ke kampung, ke Bali Utara, tiga jam dari Denpasar. Kalau mau aktivitas ke Jakarta harus lumayan perjalanannya," pungkasnya.

Ayu Laksmi terlahir dari keluarga Bali yang dekat dengan kesenian. Ia memulai karier keseniannya sebagai penyanyi, dan merilis album pertamanya yang berjudul Istana yang Hilang pada tahun 1991.

Pada tahun 2008, Ayu berakting dalam film layar lebar pertamanya yang berjudul Under the Tree. Ia sukses menarik perhatian para pecinta film tanah air lewat perannya sebagai Mawarni Suwono dalam film Pengabdi Setan (2017).