Ancol Beberkan Penyebab Wahana Halilintar Dufan Berhenti Mendadak di Tengah Permainan

JAKARTA - Wahana halilintar di Dunia Fantasi (Dufan), Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, berhenti mendadak di tengah permainan. Pihak Ancol buka suara. 

Humas Ancol Ariyadi Eko Nugroho mengatakan insiden wahana halilintar berhenti mendadak terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, Selasa 7 Maret. Eko mewakilkan Ancol meminta maaf atas kejadian yang tidak diharapkan tersebut.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pengunjung," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu, 8 Maret.

Eko lantas menjelaskan, wahana halilintar berhenti mendadak bisa terjadi lantaran sensor keamanan wahana mendeteksi adanya gangguan. Sehingga, kata dia, sistem mengaktifkan fungsi pengamanan wahana dan menghentikan kereta di jalur aman evakuasi.

"Sesuai dengan SOP, petugas wahana melakukan pemeriksaan secara menyeluruh serta memastikan kendala tersebut sudah teratasi," ucapnya.

Eko memastikan tidak ada korban dalam peristiwa itu. Dia bilang seluruh pengunjung wahana halilintar pada saat kejadian sudah dievakuasi sesuai SOP dalam keadaan baik tanpa cedera sedikitpun.

Lebih lanjut, wahana dinyatakan aman dan bisa beroperasi normal kembali pada hari yang sama pukul 14.21 WIB. Pengunjung pun dapat kembali menikmati wahana halilintar.

"Hari ini dan seterusnya wahana halilintar tetap dapat dinikmati kembali oleh semua pengunjung Dufan sampai jam operasional Dufan berakhir pukul 17.00 WIB," pungkasnya.

Sebelumnya, beredar rekaman wahana halilintar di Dufan Ancol berhenti mendadak di media sosial dan ramai dibahas warganet.

Dalam video yang diunggah di TikTok, rangkaian kereta itu halilintar berhenti saat menanjak. Pengaman wahana dilepas dan pengunjung yang berada atas wahana diminta untuk turun oleh petugas.

Dari video itu juga terlihat sejumlah pengunjung yang masih mengantre wahana halilintar mengurungkan niatnya serta keluar dari barisan antrean.