Apa Itu Mutasi Rekening? Berikut Penjelasannya Beserta Cara Cek dan Kegunaannya

YOGYAKARTA - Buat Anda yang mempunyai rekening dana di bank, kalian tentu tidak asing lagi mendengan kata “mutasi rekening”, tetapi mengerti kah kalian apa itu mutasi rekening? Apa kegunannya untuk pelanggan yang melaksanakan cek pemindahan rekening dengan cara rutinr? Kali ini kita hendak mangulas pembahasan tentang apa itu mutasi rekening, fungsi serta metode cek mutasi rekening yang dapat kalian lakukan. 

Apa Itu Mutasi Rekening

Mutasi rekening yaitu riwayat transaksi riwayat transaksi rekening bank yang memperlihatkan aliran dana yang masuk dan keluar rekening itu. Catatan transaksi itu akan menjadi info bagi Anda berkenaan dengan transaksi yang masuk dan keluar dari rekeningmu.

Mutasi rekening  adalah salah satu fitur atau layanan yang disediakan oleh pihak bank untuk nasabah. Sehingga, tiap-tiap nasabah yang mempunyai rekening dapat menjalankan mutasi rekening untuk memperhatikan riwayat transaksi di rekeningnya.

Kegunaan Mutasi Rekening

Mutasi rekening tak cuma sekadar catatan atau riwayat transaksi, menjalankan cek mutasi rekening secara rutin akan mempunyai sebagian kegunaan bagi tiap-tiap nasabah sebagai berikut:

Langkah Antisipasi untuk Transaksi yang Mencurigakan

Cek mutasi rekening secara rutin juga dapat menolong Anda mengantisipasi adanya transaksi yang mencurigakan. Dari data mutasi rekening itu, Anda akan menerima info aliran dana yang masuk ke rekening dan keluar dari rekeningmu sebab di data itu tertera rekening asal dan rekening tujuan aliran dana.

Syarat Pengajuan Visa

Manfaat lain dari data mutasi rekening yakni sebagai salah satu persyaratan pembuatan visa. Sekiranya Anda sering kali bepergian ke luar negeri, mutasi rekening bisa menolong Anda menerima persetujuan pengajuan visa.

Mengontrol Keuangan

Menjalankan cek mutasi rekening secara rutin akan menolong Anda mengenali keadaan terbaru keuanganmu. Dengan emacam itu, Anda dapat mengontrol dan mengatur aliran dana yang masuk dan keluar dari rekeningmu menurut keadaan terbaru keuanganmu supaya arus keuangamnu menjadi lebih bagus.

Syarat Pengajuan Pinjaman

Tak hanya menolong mengontrol keuangan, mutasi rekening juga dapat dibuat sebagai persyaratan pengajuan pinjaman bank seperti KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dan KTA (Kredit Tanpa Agunan). Data mutasi rekening akan dibuat rujukan bagi bank untuk memproses pinjaman, apakah pinjamanmu dapat diterima atau ditolak.

Cara Cek Mutasi Rekening

Sesudah mengenal apa itu cek mutasi rekening dan kegunannya, Anda juga perlu tahu bagaimana sistem cek mutasi rekening. Ada sebagian metode yang dapat Anda pilih untuk cek mutasi rekening.

Cek Mutasi Rekening lewat Mobile Banking 

Metode cek mutasi rekening yang pertama dan termudah yakni lewat mobile banking. Dengan metode ini, Anda cuma perlu donwload aplikasi mobile banking dan masuk ke akunmu untuk menjalankan cek mutasi rekening. 

Jadi setelah mengetahui apa itu mutasi rekening, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!