Fungsi Airbag Pada Mobil: Berikut Uraiannya

YOGYAKARTA - Airbag dipasang di nyaris tiap mobil terkini di dunia ini; kita mempelajari kenapa bisa terjadi, serta gimana metode kerjanya. Nah Kali ini Kita bakal membahas fungsi airbag pada mobil.

Keamanan mobil sudah banyak berganti sepanjang bertahun- tahun: cuma pada tahun 1991, misalnya, penumpang bangku belakang dengan cara hukum diwajibkan menggunakan sabuk pengaman, namun hari ini, seluruh mobil terkini tiba dengan beberapa perlengkapan keamanan, serta airbag merupakan salah satunya.. 

Ada alasannya, dan keduanya mudah dipahami, dan didukung oleh data: kantung udara mencegah bagian tubuh Anda yang rentan terkena benturan dengan permukaan keras jika terjadi benturan, menggembung untuk bertindak sebagai bantalan yang menyerap energi dan mengurangi kemungkinan benturan. cedera atau lebih buruk. Perkiraan Amerika menyatakan bahwa lebih dari 50.000 nyawa telah diselamatkan oleh airbag pada tahun 2017.

Airbag pertama kali muncul pada mobil mewah kelas atas pada akhir 1980-an, sebelum menjadi hal biasa pada 1990-an dan seterusnya.

Kantung udara pengemudi yang dipasang di roda kemudi pertama kali muncul, sebelum penumpang di kursi depan mendapatkannya juga. Sejak saat itu, airbag muncul di hampir setiap permukaan interior mobil, mulai dari curtain airbag yang muncul dari atap mobil untuk melindungi kepala saat terjadi benturan samping, hingga airbag untuk lutut pengemudi, bahkan airbag sabuk pengaman yang dapat meredam benturan. 

Kekuatan di pangkuan dan torso penumpang. Bahkan pejalan kaki mendapat manfaat dari airbag, dengan beberapa mobil menampilkan 'kantong yang muncul dari kap mesin untuk melindungi orang yang berjalan kaki yang tertabrak mobil.

Fungsi Airbag Pada Mobil

>

Sifat fisika di balik kantung udara cukup sederhana: sensor di dalam kendaraan memperhatikan gerakan yang mengindikasikan kendaraan terlibat dalam tabrakan, memicu kantung udara untuk menyala jika terdeteksi tabrakan.

Ketika ini terjadi, alat peledak kecil meledak di dalam modul airbag, menggembungkan kantong, yang terisi udara untuk melindungi penumpang kendaraan.

Teknologi ini telah berkembang selama bertahun-tahun, dengan beberapa airbag mampu mendeteksi gaya yang terlibat dalam tabrakan, menggembungkan ke jumlah yang tepat berdasarkan data ini.

Airbag juga dikenal sebagai 'perangkat penahan tambahan' karena dirancang untuk bekerja bersama dengan sabuk pengaman, yang dengan sendirinya mengontrol bagaimana tubuh Anda berperilaku dalam kecelakaan. Nama inilah yang beberapa airbag diberi label sebagai 'SRS'.

Mengetahui apakah airbag mobil Anda rusak

Mobil dengan airbag yang rusak dapat dengan mudah diidentifikasi jika dilengkapi dengan lampu airbag. Jika ini menyala, berarti ada masalah dengan sistem airbag di kendaraan Anda. Tidak banyak cara untuk mengetahui apakah ada kesalahan pada sistem airbag Anda tanpa lampu indikator airbag.

Bisakah airbag berbahaya?

Risiko terkait dengan airbag jauh melebihi manfaat keselamatan yang dibawanya, tetapi dirancang untuk bekerja dengan penumpang yang mengenakan sabuk pengaman: seharusnya tidak jika terdeteksi bahwa sabuk pengaman tidak dikenakan, karena jika tidak dapat menyebabkan cedera .

perlu juga diketahui tentang penarikan airbag Takata. Airbag yang dibuat oleh perusahaan ini dipasang pada sekitar 60 juta mobil dari hampir setiap produsen, dengan cacat produksi yang berpotensi menyebabkan bahan peledak meledak secara tidak terkendali. Ini bisa melihat kotak logam tempat bahan peledak dipegang menjadi pecahan peluru, yang bisa ditembakkan ke penumpang kendaraan.

Tidak ada korban jiwa yang tercatat di Inggris akibat penarikan ini, namun masih ada sejumlah mobil (sebagian besar dibuat dari tahun 200 hingga 2015) yang belum dibawa untuk diperbaiki oleh pemiliknya. Inilah sebabnya mengapa selalu merupakan ide yang baik untuk memeriksa apakah sebuah mobil memiliki penarikan yang luar biasa terhadapnya sebelum Anda membelinya, yang dapat ditentukan dengan memeriksa pemeriksa penarikan online Pemerintah. Jika mobil Anda terkena penarikan ini, airbag pengganti akan dipasang secara gratis.

Jadi setelah mengetahui fungsi airbag pada mobil, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!