Coba Kuasai Kota Bakhmut, Militer Rusia Tingkatkan Serangan Terhadap Pasukan Ukraina di Wilayah Timur

JAKARTA - Pasukan Rusia pada Hari Selasa mendesak maju untuk mengepung dan merebut Kota Bakhmut di Ukraina timur, di mana militer Ukraina menggambarkan serangan itu terus-menerus untuk menguasai kota strategis tersebut.

Menguasai Bakhmut, tempat beberapa pertempuran paling berdarah selama setahun, akan menjadi hadiah besar pertama Rusia dalam lebih dari enam bulan.

Pendudukan kota itu akan membuka jalan untuk merebut pusat kota terakhir yang tersisa di wilayah Donetsk, salah satu dari empat yang diklaim Moskow telah dianeksasi.

"Di sektor Bakhmut, musuh melancarkan aksi ofensif dan terus menyerang Bakhmut," kata pernyataan rutin malam hari oleh Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina, melansir Reuters 1 Maret.

Sementara sebagian besar serangan Rusia difokuskan pada Bakhmut dan Kota serta desa lain di Provinsi Donetsk, pernyataan itu mengatakan pasukan Rusia menembaki lebih dari 20 permukiman di wilayah utara dekat perbatasan Rusia: Chernihiv, Sumy, dan Kharkiv.

Sebagai reaksi, pesawat Ukraina melancarkan tiga serangan di area konsentrasi pasukan Rusia, kata pernyataan itu.

Di sekitar Bakhmut, pasukan Rusia, termasuk tentara bayaran dari Grup Wagner, mencoba memotong jalur suplai pasukan Ukraina dan memaksa mereka untuk menyerah atau mundur.

"Meskipun mengalami kerugian yang signifikan, musuh mengerahkan unit penyerang Wagner yang paling siap, yang mencoba menerobos pertahanan pasukan kami dan mengepung kota," kata Kolonel Jenderal Oleksandr Syrskyi, komandan pasukan darat Ukraina, dalam sebuah pernyataan.

Seorang tentara yang tidak disebutkan namanya dari 93rd Separate Mechanised Brigade Ukraina, berbicara di aplikasi perpesanan Telegram saat ledakan menggelegar di latar belakang, membuat catatan menantang: "28 Februari, kota Bakhmut. Kota ini terbakar, musuh mendesak. Semuanya akan terjadi."

Kantor berita RIA milik pemerintah Rusia merilis sebuah klip video yang dikatakan menunjukkan jet tempur Su-25 Rusia menderu-deru di atas Bakhmut, yang memiliki populasi sebelum perang sekitar 70.000, tetapi sekarang berada di reruntuhan setelah berbulan-bulan perang parit yang intens.

"Kami senang mereka milik kami," kata seorang pria dalam klip yang diidentifikasi sebagai pejuang Wagner, menambahkan jet membantu mereka "secara psikologis".

Terpisah, Wakil Menteri Pertahanan AS untuk Kebijakan Colin Kahl mengatakan kemarin, garis depan timur Ukraina menyerupai "medan yang keras" dan Rusia kemungkinan tidak akan dapat membuat keuntungan teritorial yang signifikan dalam waktu dekat.

"Kedua belah pihak tetap pada posisinya, karena seperti yang Anda lihat, musim semi berarti lumpur. Jadi, tidak mungkin untuk bergerak maju," kata Mykola (59), komandan baterai peluncur roket garis depan Ukraina, sambil melihat layar tablet untuk koordinat tembakan.

Rusia telah menambah pasukannya dengan ratusan ribu wajib militer, mengintensifkan serangan di sepanjang front timur tetapi dengan biaya tinggi, kata Ukraina, yang diperkirakan akan segera meluncurkan serangan balasan.

Diketahui, Meskipun mengalami beberapa kemunduran di medan perang, Rusia masih menguasai sekitar seperlima wilayah Ukraina. Kyiv sejauh ini mengesampingkan pembicaraan dengan Moskow dan menuntut agar pasukan Rusia mundur ke perbatasan Ukraina pada 1991, tahun runtuhnya Uni Soviet.