Film Glo, Kau Cahaya Dibuat untuk Tunjukkan Kemajuan Papua

JAKARTA - Rumah produksi Bhuana Art Sinema siap menayangkan produksi film terbarunya yang berjudul Glo, Kau Cahaya. Film ini menjadi debut film panjang bagi sutradara Ani Ema Susanti yang pernah meraih Piala Citra dalam kategori Film Fokumenter Terbaik.

Ema merasa puas, setelah penantian panjang, akhirnya ia berkesempatan untuk menyutradarai film panjang pertamanya. “Dari dalam diri saya sendiri, saya nunggu udah 15 tahun. Saya selalu menunggu impian saya buat debut sutradarain film panjang itu kapan ya, hingga akhirnya bisa gabung di film ini, senang sekali rasanya,” kata Ani Ema Susanti pada konfrensi pers di Hotel Arosa, Tangerang Selatan pada Senin, 27 Februari 2023.

Sementara itu, M. Hamka Handaru selaku executive producer mengatakan bahwa film Glo, Kau Cahaya ada bentuk apresiasinya terhadap Papua. Ia menilai bahwa Papua dan masyarakatnya saat ini sudah jauh berkembang. “Dengan film ini kita mau kasih legacy buat masyarakat Papua,” ujar Hamka.

Dengan mengangkat kisah perjuangan seorang atlet, ia juga ingin memperlihatkan kemajuan Papua yang sudah berhasil menyelenggarakan dua event olahraga nasional, yaitu PON XX Papua 2021 dan PEPARNAS XVI Papua 2021.

Hamka juga punya alasan lain kenapa ingin mengangkat Papua dalam proyek film ini. Ketika aktif menjadi anggota TNI AU, ia pernah mengunjungi tanah Papua, dan punya kesan tersendiri.

“Saya 23 tahun berdinas di TNI AU, dari 1996 itu saya sudah ke Papua. Begitu saya pensiun, saya dapat kesempatan bekerja kembali di Papua. Bagi saya ada satu, saya harus bikin sesuatu untuk Papua,” tutur Hamka.

Glo, Kau Cahaya sendiri bercerita tentang perjuangan seorang atlet renang yang mencoba bangkit dari keterpurukan. Hari-hari Gloria dipenuhi dengan kesedihan dan luka mendalam. Ia merasa kemenangan yang semula sudah diraih dan berada di genggaman ketika menjadi atlet peraih medali emas di olimpiade renang menjadi tidak berguna.

Gloria mencoba melewati hari-harinya yang tidak akan pernah sama, melanjutkan hidup atau berhenti dan menyesalinya bersama nenek Isy dan ketiga sahabatnya, Julvri, Idho dan Eliza.

Film ini diperankan oleh Kevin Royano sebagai Julvri, Tatyana Akman sebagai Gloria, Ratna Riantiarno sebagai Nenek Isyi, Monalisa Sembor sebagai Eliza, Mamat Alkatiri, Wulan Guritno, Cak Percil, Dani Aditya dan Putri Nere. Glo, Kau Cahaya akan tayang serentak di bioskop Indonesia pada 9 Maret 2023 mendatang.