YouTube Music Hadirkan Fitur Buat Stasiun Radio Khusus untuk Pengguna

JAKARTA - YouTube Music secara resmi meluncurkan fitur Buat radio atau Create a radio di Android dan iOS. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat membuat stasiun khusus berdasarkan lagu dari artis favorit mereka.

Stasiun radio khusus bisa dibuat pengguna dari awal dengan mengombinasikan blok penyusun utama seperti artis favorit, genre musik, atau gaya musik.

Setelah menggulir ke bawah di beranda YouTube Music, pengguna akan menemukan fitur Buat radio. Di sini, mereka akan melihat daftar artis, dan dapat memilih hingga 30 artis untuk menambahkan variasi ke stasiun radio mereka.

Kemudian, akan ada opsi yang dapat dipilih seperti variasi Artis, pemilihan Lagu (Familiar, Blend, atau Discover) yang akan membantu mereka memutar radio hanya artis yang telah mereka pilih atau sekumpulan artis yang lebih luas.

Terdapat pula opsi Filter untuk lagu Popular, Deep Cuts, New Releases, Pump-Up, Chill, Upbeat, Downbeat, dan Focus.

“Dengan fungsionalitas radio baru ini, kami membalikkan model itu, memberdayakan pengguna untuk membuat radio mereka sendiri dari bawah ke atas, dengan menggabungkan blok bangunan musik utama seperti artis dan deskriptor musik umum,” ungkap YouTube seperti dikutip dari TechCrunch, Rabu, 22 Februari.

“Hasilnya adalah memberi pengguna lebih banyak kontrol atas pengalaman mendengarkan musik mereka, dan memungkinkan mereka untuk memotong musik mereka dengan banyak cara yang saat ini tidak tersedia untuk mereka, di YouTube Music atau layanan musik apa pun," imbuhnya.

Menurut laporan The Verge, YouTube mulai menguji fitur ini tahun lalu. Meskipun YouTube Music sudah memiliki banyak stasiun dan campuran yang digerakkan oleh algoritma, memiliki sesuatu yang dapat pengguna kontrol tampaknya merupakan pilihan yang bagus.

Fitur tersebut berguna ketika mereka ingin mendengarkan sesuatu yang spesifik tetapi tidak ingin menyiapkan daftar putar secara manual. Pengguna dapat menggunakan fitur tersebut di YouTube Music, baik pelanggan berbayar atau pengguna gratis.