Apa Itu Hukuman Mati? Berikut Definisinya

YOGYAKARTA - Setiap hari, orang dieksekusi dan dijatuhi hukuman mati oleh negara sebagai hukuman atas berbagai kejahatan terkadang untuk tindakan yang seharusnya tidak dikriminalisasi. Di beberapa negara, bisa untuk pelanggaran terkait narkoba, di negara lain dicadangkan untuk tindakan dan pembunuhan terkait terorisme. Lalu apa itu hukuman mati?

Beberapa negara mengeksekusi orang yang berusia di bawah 18 tahun ketika kejahatan itu dilakukan, yang lain menggunakan hukuman mati terhadap penyandang disabilitas mental dan intelektual dan beberapa lainnya menerapkan hukuman mati setelah pengadilan yang tidak adil yang jelas melanggar hukum dan standar internasional. Orang bisa menghabiskan waktu bertahun-tahun di hukuman mati, tidak tahu kapan waktu mereka habis, atau apakah mereka akan melihat keluarga mereka untuk terakhir kalinya.

Hukuman mati adalah hukuman paling kejam, tidak manusiawi dan merendahkan martabat. Amnesti sebenarnya menentang hukuman mati dalam semua kasus tanpa kecuali  terlepas dari siapa yang dituduh, sifat atau keadaan kejahatan, kesalahan atau ketidakbersalahan atau metode eksekusi.

Apa Itu Hukuman Mati

Ilustrasi Hukuman Mati (Armin Lotfi - Unsplash)

Hukuman mati didefinisikan sebagai hukuman mati sebagai hukuman karena melanggar hukum pidana. 

Di Amerika Serikat contohnya, hukuman mati biasanya diterapkan untuk kejahatan yang dianggap sangat mengerikan, seperti pembunuhan, tetapi juga digunakan dalam kasus pengkhianatan dan perdagangan narkoba skala besar.

Metode Hukuman Mati

Metode hukuman mati saat ini meliputi:

  • Suntikan mematikan
  • Gantung
  • Regu tembak
  • Kamar gas
  • Setrum

Kontroversi Sekitar Hukuman Mati

Hukuman mati telah banyak diperdebatkan selama berabad-abad. Banyak argumen telah dikemukakan baik oleh pendukung maupun penentang hukuman mati. Pendukung berpendapat bahwa hukuman mati adalah hukuman yang tepat untuk kejahatan tertentu dan penentang berpendapat bahwa hukuman itu kejam dan tidak biasa, dan melanggar hak asasi manusia.

Pro Hukuman Mati

Pendukung hukuman mati juga menggunakan argumen berikut untuk mempertahankan sikap mereka:

  • Eksekusi merupakan bentuk pembalasan yang pas bagi korban kejahatan.
  • Eksekusi lebih efektif daripada pemenjaraan karena manusia lebih takut mati daripada kehilangan kebebasan.
  • Ini memastikan keamanan bagi masyarakat lainnya.

Jadi setelah mengetahui apa itu hukuman mati, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!