Google Gelar Siaran Langsung Dadakan, Ungkap Pesaing ChatGPT?

JAKARTA - Di tengah euphoria ChatGPT saat ini, Google telah bersiap menggelar siaran langsung di YouTube, yang akan berfokus pada produk-produk andalannya yaitu Maps dan Penelusuran pada 8 Februari mendatang. 

Berjudul "Live from Paris", Google tampaknya telah mengambil langkah maju untuk menyaingi ChatGPT, yang diklaim akan menjadi ancaman untuk mesin pencariannya. 

"Kami mengubah cara orang menelusuri, menjelajahi, dan berinteraksi dengan informasi, menjadikannya lebih alami dan intuitif daripada sebelumnya untuk menemukan apa yang Anda butuhkan," tulis Google dalam deskripsi siaran langsungnya.

"Bergabunglah dengan kami untuk mempelajari cara kami membuka akses yang lebih besar ke informasi untuk semua orang di mana saja, melalui Penelusuran, Maps, dan lainnya," tambah perusahaan itu. 

Beberapa waktu lalu bahkan Google akhirnya bersiap untuk menyalip pasar ChatGPT besutan OpenAI, dengan mulai menguji coba chatbot berbasis Kecerdasan Buatan (AI) bernama Apprentice Bard.

Seperti yang sudah VOI jelaskan, Apprentice Bard merupakan proyek di bawah unit cloud-nya yang disebut Atlas, dan upaya kode merah untuk merespons ChatGPT.

Berdasarkan beberapa tanggapan, jawaban Apprentice Bard dapat mencakup kejadian terkini, sebuah fitur yang belum dimiliki ChatGPT. Apprentice Bard menggunakan teknologi percakapan Google LaMDA, atau Model Bahasa untuk Aplikasi Dialog.

Langkah terbaru Google ini melihat ChatGPT sebagai ancaman bagi bisnis pencariannya dan memang perusahaan telah berencana menyiapkan pesaing chatbot itu.