Mayora hingga Wilmar jadi Sponsor Acara F1 Powerboat

JAKARTA - PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney melakukan penandatanganan kerja sama dengan tujuh perusahaan yang siap menjadi sponsor acara kejuaraan balap perahu motor atau perhelatan F1 Powerboat.

Adapun tujuh sponsor yang melakukan penandatanganan tersebut yakni PT Mayora Indah, PT Parna Raya, Wilmar, Astra Agro, Sinarmas, Musim Mas, dan Asosiasi Semen Indonesia. Mayora Indah menjadi sponsor utama, sehingga event ini diberin nama Kopiko F1 PowerBoat Lake Toba.

Seperti diketahui, F1 Powerboat akan digelar di Danau Toba, Balige, Sumatera Utara, pada 24 hingga 26 Februari 2023 mendatang.

Direktur Utama Injourney Dony Oskaria mengatakan kerja sama dengan sponsor bukan merupakan upaya untuk mendorong pendapatan perusahaan. Tetapi untuk meningkatkan pariwisata setempat.

Dony juga berharap pagelaran F1 Powerboat mampu memberikan multiplier effect, utamanya dalam menigkatkan ekonomi masyarakat sekitar Danau Toba.

“Nanti kita akan semuanya terbuka. Prinsipnya, event ini bukan untuk mencari keuntungan bagi perushaan, tapi manfaat semaksimal mungkin bagi masyarakat dna pariwisata Danau Toba,” kata Dony di Jakarta, Kamis, 2 Februari.

Dony menambahkan, pihaknya juga akan menghitung manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Hal ini mencakup UMKM sekitar, hingga tim event organizer yang direkrut untuk menyukseskan ajang internasional itu.

“Kita hitung manfaat ekonominya bagi masyarakat setempat. Semua UMKM dikelola masyarakat, EO-nya juga kita libatkan 500-an, baik opening ceremony ataupun closing ceremony,” jelasnya.

Dony bilang, persiapan lokasi pelaksanaan F1 PowerBoat sudah mencapai 80-90 persen.

Beberapa infrastruktur utama pelaksanaan pun sudah rampung.

“Kita sudah selesai untuk di wet paddock dan dry paddock, minggu ini kita akan bangun podium. Kemudian, sudah ada 12 kontainer yang sudah sampai di (pelabuhan) Belawan tinggal kita bawa ke Danau Toba,” katanya.

“Kesiapan masyarakat di sekitar kita sudah lakukan sosialisasi dan mapping semuanya, dan kita harapkan ini event-nya akan berjalan dengan sukses dan ini merupakan event pertama yang melibatkan 80 persennya nya adalah masyarakat,” sambungnya.

Tambah Penerbangan ke Bandara Silangit

Sementara itu, Direktur Marketing InJourney, Maya Watono memastikan akan ada penambahan penerbangan ke Bandara Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Maya mengatakan, penambahan penerbangan tersebut sebagai upaya untuk memudahkan akses masyarakat yang ingin menyaksikan even bertaraf internasional tersebut.

“Kita akan tambah penerbangan dari 22-28 Februari nanti, dari yang biasanya silangit 2-3 per hari pesawatnya, akan kita akomodir, kita tambahkan Garuda dan Citilink,” jelas Maya.

Sementara untuk tiket, kata Maya, harga tiket F1 Powerboat akan segera diumumkan pada 6 Februari mendatang. Bahkan, akan dibuka sistem di-bundling dengan penerbangan, atau pariwisata lainnya yang berada di sekitar Danau Toba.