Penyebab Sudut Bibir Kering dan Mengelupas, Begini Cara Efektif untuk Mengatasinya

YOGYAKARTA – Banyak faktor yang menyebabkan bibir kering, termasuk kurang minum hingga cuaca dingin. Tetapi apa yang menyebabkan bibir kering dan mengelupas bagian sudut atau tepian saja? Dermatologi menjelaskan bahwa faktor yang menyebabkan kurang lebih sama seperti penyebab bibir kering.

Sudut bibir kering dan mengelupas disebut Angular Cheilitis, yang ditandai dengan gatal, terasa kering, terbakar, melepuh, kemerahan, dan pecah-pecah. Penyebab sudut bibir kering dan mengelupas ini, di antaranya karena sering menjilat bibir. Atau tanpa sadar mengiler saat tidur. Hal lain yang bisa memicu kondisi tak mengenakkan ini antara lain sebagai berikut:

  • Cuaca dingin
  • Terbakar sinar matahari
  • Kekurangan vitamin
  • Infeksi
  • Bentuk bibir yang mana bagian sudut mengarah ke bawah
  • Memiliki gigi palsu
  • Sering makan permen atau permen karet jenis tertentu
  • Memakai pasta gigi pengontrol karang gigi

Pada dasarnya, penyebab dari sudut bibir kering ialah kebiasaan sehari-hari hingga kondisi lingkungan. Karena merupakan dampak dari kebiasaan dan lingkungan, untuk mengatasinya bisa menggunakan beberapa tips berikut ini.

Ilustrasi sudut bibir kering dan mengelupas serta cara efektif mengatasinya (Freepik/svetlanasokolova)

1. Pastikan terhidrasi dengan baik

Minum cukup penting untuk mencegah kulit kering secara menyeluruh, termasuk pada bagian sudut bibir. Penting diketahui, sudut bibir terus bergerak dalam banyak aktivitas, seperti ketika makan, berbicara, bahkan ketika menguap. Karena banyak aktivitas yang melibatkan sudut bibir, maka menjaga kelembapan dari dalam tubuh penting dilakukan. Belum lagi banyaknya air liur di sekitar bibir yang mengandung enzim tertentu dan menyebabkan bibir kering. Hasilnya, kulit jadi kurang lentur dan permukaan kulit kadang retak atau mengelupas. Nah, untuk mempertahankan ketahanan bibir, maka Anda perlu memastikan cukup minum atau tubuh terhidrasi dengan baik.

2. Biasakan memakai lip balm

Kalau Anda sering memakai lipstik tebal, maka perlu diimbangi dengan memakai lip balm. Kebiasaan ini bertujuan untuk mengembalikan kesegaran bibir. Faktanya, banyak perawatan bibir yang mengandung pengawet dan membuat sudut bibir kering. Maka direkomendasikan memakai lebih sedikit produk bibir dan mengaplikasikan lip balm sebelum memakai makeup lainnya.

3. Hilangkan sisa air liur yang menumpuk di area sudut bibir

Air liur mungkin menggenang di sekitar mulut. Maka Amanda Doyle, dokter kulit yang berbasis di New York City dilansir Byrdie, Senin, 30 Januari, merekomendasikan untuk menghilangkan sisa air liur yang menumpuk di area sudut bibir. Selain itu, oleskan balm oklusif di sudut bibir untuk mencegah terlalu kering.

Ilustrasi sudut bibir kering dan mengelupas serta cara efektif mengatasinya (Freepik/serhii_bobyk)

4. Filler untuk memperbaiki anatomi

Dalam beberapa kasus, Doyle merekomendasikan untuk mengenali anatomi bibir. Karena masalah anatomi dapat menyebabkan lipatan di sekitar mulut. Terutama bagi Anda yang memiliki anatomi sudut bibir mengarah ke bawah, filler mungkin dapat membantu, saran Doyle. Filler dapat membantu mengangkat sisi bibir dan mengembalikan volume bibir.

5. Hindari menjilati bibir

Menjilati bibir dengan niat melembapkan, tidak akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Justru karena menjilati bibir, akan membuat kering termasuk pada bagian sudut-sudutnya. Mungkin menjilat bibir adalah respons alami dan sementara akan terasa basah. Tapi terang Kenneth Howe, dermatologi estetika dan medis, air liur akan menguap dan menyerap kelembapan bibir Anda. Jadi sebelum sudut bibir kering dan mengelupas, hindari menjilati.

Itulah kelima cara efektif mengatasi sudut bibir kering dan mengelupas. Apabila cara di atas tidak berhasil, direkomendasikan untuk menemui dokter kulit bersertifikat.