Fungsi Sistem Operasi yang Perlu Anda Ketahui

YOGYAKARTA - Sistem operasi (OS) adalah program yang bertindak sebagai antarmuka antara perangkat keras sistem dan pengguna. Selain itu, ia menangani semua interaksi antara perangkat lunak dan perangkat keras. Semua kerja sistem komputer tergantung pada OS di tingkat dasar. Selanjutnya, ia melakukan semua fungsi seperti menangani memori, proses, interaksi antara perangkat keras dan perangkat lunak, dll. Sekarang, mari kita lihat fungsi sistem operasi.

Fungsi Sistem Operasi

Gambar Clint Patterson - Unsplash

Keamanan

Sistem operasi menggunakan perlindungan kata sandi untuk melindungi data pengguna dan teknik serupa lainnya. itu juga mencegah akses tidak sah ke program dan data pengguna.

Kontrol atas kinerja sistem

Memantau kesehatan sistem secara keseluruhan untuk membantu meningkatkan kinerja, mencatat waktu respons antara permintaan layanan dan respons sistem untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang kesehatan sistem. Ini dapat membantu meningkatkan kinerja dengan memberikan informasi penting yang diperlukan untuk memecahkan masalah.

Akuntansi pekerjaan

Sistem operasi melacak waktu dan sumber daya yang digunakan oleh berbagai tugas dan pengguna, informasi ini dapat digunakan untuk melacak penggunaan sumber daya untuk pengguna atau grup pengguna tertentu.

Alat bantu pendeteksi kesalahan

Sistem operasi secara konstan memantau sistem untuk mendeteksi kesalahan dan menghindari malfungsi sistem komputer.

Koordinasi antara perangkat lunak lain dan pengguna. Sistem operasi juga mengoordinasikan dan menugaskan juru bahasa, kompiler, assembler, dan perangkat lunak lain ke berbagai pengguna sistem komputer.

Manajemen memori

Sistem operasi mengelola Memori Utama atau Memori Utama. Memori utama terdiri dari array besar byte atau kata-kata di mana setiap byte atau kata diberi alamat tertentu. Memori utama adalah penyimpanan cepat dan dapat diakses langsung oleh CPU. Agar suatu program dapat dieksekusi, itu harus dimuat terlebih dahulu di memori utama. Sistem Operasi melakukan aktivitas berikut untuk manajemen memori:

Itu melacak memori utama, yaitu, byte memori mana yang digunakan oleh program pengguna mana. Alamat memori yang telah dialokasikan dan alamat memori dari memori yang belum digunakan. Dalam multiprogramming, OS memutuskan urutan proses yang diberikan akses ke memori, dan untuk berapa lama. Itu mengalokasikan memori ke proses ketika proses memintanya dan membatalkan alokasi memori ketika proses telah dihentikan atau sedang melakukan operasi I/O.

Manajemen Prosesor

Dalam lingkungan multi-pemrograman, OS memutuskan urutan di mana proses memiliki akses ke prosesor, dan berapa banyak waktu pemrosesan yang dimiliki setiap proses. Fungsi OS ini disebut penjadwalan proses. Sistem Operasi melakukan aktivitas berikut untuk manajemen prosesor.

Melacak status proses. Program yang melakukan tugas ini dikenal sebagai pengontrol lalu lintas. Mengalokasikan CPU yang merupakan prosesor ke suatu proses. De-mengalokasikan prosesor ketika suatu proses tidak lagi diperlukan.

Manajemen perangkat

OS mengelola komunikasi perangkat melalui driver masing-masing. Itu melakukan aktivitas berikut untuk manajemen perangkat. Melacak semua perangkat yang terhubung ke sistem, menunjuk program yang bertanggung jawab untuk setiap perangkat yang dikenal sebagai pengontrol Input/Output. Memutuskan proses mana yang mendapatkan akses ke perangkat tertentu dan untuk berapa lama. Mengalokasikan perangkat dengan cara yang efektif dan efisien. Deallocates perangkat ketika mereka tidak lagi diperlukan.

Manajemen file

Sistem file diatur ke dalam direktori untuk navigasi dan penggunaan yang efisien atau mudah. Direktori ini mungkin berisi direktori lain dan file lainnya. Sebuah Sistem Operasi melakukan kegiatan manajemen file berikut. Itu melacak di mana informasi disimpan, pengaturan akses pengguna dan status setiap file, dan banyak lagi… Fasilitas ini secara kolektif dikenal sebagai sistem file.

Jadi setelah mengetahui fungsi sistem operasi, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!