Akhirnya, Tab For You Baru Twitter Kini Tersedia untuk Pengguna Android!

JAKARTA - Tampilan antarmuka baru dengan hadirnya tab For You dan Following baru di beranda Twitter sudah tersedia untuk semua pengguna Android, mulai Jumat, 20 Januari.

Kedua tab ini pertama kali diluncurkan untuk pengguna iOS pada 11 Januari. Selang tiga hari kemudian, Twitter meluncurkan tab ini ke Twitter versi desktop. Dan sekarang, tab For You sudah tersedia juga untuk pengguna Android.

Penambahan tab baru ini diharapkan agar Twitter dapat mengubah cara Anda berpindah antara garis waktu (timeline) yang digerakkan oleh algoritma dan kronologis terbalik serta menjadikan umpan algoritmik sebagai default.

For You, yang berbagi nama dengan umpan berbasis algoritma TikTok, mirip dengan opsi "Beranda" lama, yang menampilkan tweet dari orang-orang yang Anda ikuti, diselingi dengan tweet yang menurut Anda mungkin Anda sukai. 

Sedangkan di tab Following ini, Twitter hanya akan menampilkan tweet-tweet dari akun yang diikuti oleh pengguna berdasarkan waktu terbaru. Jadi, jika Anda menggeser ke tab ini, timeline Twitter akan menampilkan tweet terbaru dari akun-akun yang Anda ikuti.

Perubahan membuat Twitter lebih mudah diakses untuk beralih di antara beberapa fitur, karena kini hanya diperlukan satu sapuan saja, alih-alih beberapa ketukan. Perubahan itu sebagian memenuhi janji dari CEO Twitter Elon Musk

Pada 20 Desember, dia men-tweet bahwa "garis waktu utama harus memungkinkan gesekan ke samping yang mudah antara topik teratas, terbaru, tren, dan yang Anda ikuti," dan mengatakan bahwa perusahaan akan "segera membuat perubahan ini".