Lula Da Silva Presiden Brasil yang Pernah Jadi Penyemir Sepatu Sampai Jadi Pekerja Pabrik

YOGYAKARTA - Belum lama ini Brasil menyelesaikan pemilihan presiden. Ada dua kandidat yang bertarung sengit dalam pemilihan kali ini. Pertama yaitu Jair Bolsonaro dan kedua merupakan Lula da Silva.

Dalam pertarungan yang penuh dengan polarisasi, Lula da Silva walhasil sanggup memenangkan pemilihan untuk menjadi Presiden Brasil berikutnya. Lula mempunyai latar belakang politik sayap kiri, sementara Bolsonaro berlatar sayap kanan. Lalu, seperti apa Lula da Silva itu?

Lahir di negara bagian Pernambuco, Luiz Inácio da Silva ("Lula" adalah nama panggilan yang kemudian dia tambahkan ke nama resminya) bekerja sebagai penyemir sepatu, pedagang kaki lima dan pekerja pabrik untuk membantu menambah pendapatan keluarga. 

Selama resesi setelah kudeta militer tahun 1964 di Brasil, dia mendapatkan pekerjaan di Villares Metalworks di São Bernardo do Campo, sebuah kawasan industri di São Paulo. 

Di Villares dia bergabung dengan Serikat Pekerja Logam, dan pada tahun 1972 dia meninggalkan pabrik untuk bekerja penuh waktu di serikat pekerja, mengepalai bagian hukumnya hingga tahun 1975 ketika dia terpilih sebagai presiden serikat pekerja. 

Lula Da Silva Pernah Masuk Penjara

Jabatan itu menarik perhatian nasional saat dia meluncurkan gerakan kenaikan upah yang bertentangan dengan kebijakan ekonomi rezim militer. Kampanye tersebut disorot oleh serangkaian pemogokan dari tahun 1978 hingga 1980 dan berpuncak pada penangkapan dan dakwaan terhadap Lula atas pelanggaran Undang-Undang Keamanan Nasional. Meskipun dia dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman penjara tiga setengah tahun, Mahkamah Agung Militer membebaskannya pada tahun berikutnya.

Awal Mula Lula Da Silva Berkecimpung di dunia Politik

Seorang anggota pendiri Partai Buruh, Lula pertama kali mencalonkan diri untuk jabatan politik sebagai calon gubernur Negara Bagian São Paulo pada tahun 1982, finis keempat. 

Dia kemudian memimpin upaya nasional untuk mendukung pemilihan langsung presiden, mengorganisir demonstrasi massa di ibu kota negara bagian pada tahun 1983 dan 1984. 

Didukung oleh popularitas dan karisma, Lula terpilih menjadi Dewan Perwakilan nasional pada tahun 1986 sebagai wakil federal dari São Paulo. Lula adalah calon presiden dari Partai Buruh pada tahun 1989, namun ia kalah dari Fernando Collor de Mello. Lula melanjutkan sebagai kandidat presiden partainya dalam pemilihan tahun 1994 dan 1998, keduanya menempati posisi kedua setelah Fernando Henrique Cardoso. 

Pada pemilihan presiden 2002 dia mengadopsi platform yang lebih pragmatis; meskipun dia tetap berkomitmen untuk mendorong partisipasi akar rumput dalam proses politik, dia juga mendekati para pemimpin bisnis dan berjanji untuk bekerja sama dengan Dana Moneter Internasional untuk memenuhi target fiskal. Lula secara meyakinkan mengalahkan José Serra, kandidat yang didukung pemerintah, dengan memenangkan 61,5 persen suara.

Kepresidenan

Setelah menjabat pada Januari 2003, Lula berupaya memperbaiki ekonomi, memberlakukan reformasi sosial, dan memberantas korupsi pemerintah. Pada tahun 2006, menjelang akhir masa jabatan pertamanya, ekonomi tumbuh, dan tingkat kemiskinan Brasil turun secara signifikan. 

Akan tetapi, banyak orang Brasil merasa bahwa Lula belum cukup berbuat untuk meningkatkan kualitas pendidikan publik atau mengurangi kejahatan. Selain itu, sumpah Lula untuk memerangi korupsi pemerintah sempat dipertanyakan pada 2005, ketika anggota partainya dituduh melakukan penyuapan dan pendanaan kampanye ilegal. 

Presiden tidak terlibat, tetapi skandal itu merusak popularitasnya. Pada putaran pertama pemilihan presiden 2006, Lula gagal meraih cukup suara untuk menang langsung. Meski demikian, di babak kedua ia dengan mudah mengalahkan lawannya, Geraldo Alckmin dari Partai Sosial Demokrasi Brasil.

Ekonomi Brasil dan popularitas Lula terus tumbuh selama masa jabatan keduanya, dan penemuan minyak baru di cekungan Santos menjanjikan masa depan negara itu, yang tampak lebih cerah ketika Rio de Janeiro dipilih menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2016. 

Secara konstitusional dilarang mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga berturut-turut, Lula memilih sendiri kepala stafnya, Dilma Rousseff, sebagai penggantinya. Menjanjikan untuk memperpanjang kebijakan Lula, Rousseff, yang telah menjadi orang penting dalam Program Percepatan Pertumbuhan pemerintahan, maju dari putaran pertama pemilihan ke putaran kedua melawan Serra, yang dia kalahkan secara meyakinkan untuk terpilih sebagai presiden wanita pertama Brasil.

Sebagai Presiden Republik

Lula adalah anggota kelas pekerja pertama yang dilantik adalah penduduk Palácio do Alvorada. Kedua pemerintahannya ditandai terutama oleh keberhasilan implementasi program distribusi pendapatan, seperti Bolsa Família, dan akses anggota masyarakat termiskin ke kredit, gaji yang lebih tinggi, penciptaan lapangan kerja, peningkatan kualitas hidup, dan akses untuk pendidikan, perumahan, infrastruktur, tenaga listrik, air serta limbah dan lain-lain.

Hubungan antara pemerintah dan masyarakat pemilih memperoleh kualitas lain, dengan terwujudnya lebih dari 70 konferensi nasional dalam pembukaan Palácio do Planalto secara sistematis kepada berbagai kelompok masyarakat sipil yang terorganisir.

Terpilih untuk masa jabatan kedua, Lula berhasil mencapai pemilihan penggantinya, Dilma Rousseff, dan mencapai akhir pemerintahannya dengan rekor tingkat popularitas: pemerintahannya disetujui oleh 87% populasi pada Desember 2010, menurut Ibope. Statistik pengangguran dan keluarga di bawah garis kemiskinan berada pada titik terendah sejak data pertama kali dikumpulkan.

Pasca-Presidensi

Sekembalinya ke Instituto Cidadania, sekarang disebut Instituto Lula, tetapi masih di alamat yang sama sebelum dia menjabat sebagai presiden, di lingkungan Ipiranga di São Paulo, mantan presiden Luiz Inácio Lula da Silva mengambil agenda internasional sebagai mantan pemimpin kenegaraan, memberikan pidato dan seminar di berbagai negara.

Integrasi Amerika Latin dan perang melawan kelaparan di Afrika adalah salah satu prioritas baru di Institut, serta persiapan strategi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi tanpa mengorbankan keadilan sosial, distribusi pendapatan, pembangunan, dan konsumsi.

Pada tahun 2012, Lula berhasil mengatasi kanker laring yang dideritanya setahun sebelumnya. Dan, sejak Juni 2013, dia telah menerbitkan sebuah komentar bulanan, yang didistribusikan ke puluhan negara oleh New York Times News Service.

Jadi setelah mengetahui Lula Da Silva, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!