Shin Tae-yong Keluhkan Jeda Pendek Antarlaga Fase Grup Piala AFF 2022

JAKARTA — Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mulai mengeluhkan jeda antarlaga fase grup Piala AFF 2022 yang begitu pendek.

Juru taktik Korea Selatan itu akan memimpin skuat Garuda menghadapi Thailand di laga ketiga Grup A di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis, 29 Desember besok. Laga ini hanya tiga hari pasca kemenangan atas Brunei.

"Jeda cuma tiga hari saja. Jadi, sangat penting dengan kondisi para pemain. Setelah melawan Brunei kita langsung ke sini, begitu juga Thailand," kata Shin dalam konferensi pers di SUGBK, Rabu, 28 Desember 2022.

Indonesia dan Thailand sama-sama melakoni laga terakhir mereka pada Senin awal pekan ini. Garuda memaikan laga tandang melawan Brunei di Malaysia, sedangkan The War Elephants menjamu Filipina.

Meskipun menghadapi permasalahan jeda antar laga fase grup, pelatih 52 tahun itu enggan menjadikan hal tersebut sebagai alasan. Ia menegaskan akan tetap maksimal mempersiapkan tim untuk mendapat angka.

"Ada faktor luar mempengaruhi performa pertandingan ke semua tim. Itu yang membuat kita bisa sulit, tetapi saya akan tetap mempersiapkan semaksimal mungkin agar bisa menjadi laga yang bagus," kata dia.

Shin Tae Yong sejauh ini memiliki rekor belum pernah menang melawan Thailand sejak duduk di kursi pelatih Indonesia. Dari empat laga yang dia pimpin melawan The War Elephants, hasil yang didapat adalah dua seri dan dua kekalahan.

Hasil empat laga melawan Thailand yang belum pernah dimenangi Shin, berturut-turut terjadi di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia Putaran Kedua Grup G, final Piala AFF 2020, SEA Games 2021 Vietnam pada Mei 2021 lalu.

Saat bertemu di kualifikasi Piala Dunia, juru taktik 52 tahun ini hanya bermain imbang 2-2. Sementara itu, saat berdua di final AFF 2020 yang berlangsung dua leg, Shin harus melihat timnya kalah 0-4 di leg pertama dan bermain seri 2-2 di leg kedua.

Sementara itu, kekalahan terbaru dirasakan Shin Tae Yong di semifinal SEA Games 2021 Vietnam pada Mei lalu. Ketika itu, Garuda ditekuk 0-1 di babak tambahan waktu setelah bermain imbang tanpa gol pada waktu normal.

Tahun ini Shin akan memimpin Indonesia mencari gelar perdana dari ajang dua tahunan ini. Pencapaian terbaik Merah Putih sebelumnya di kejuaraan yang bergulir sejak 1996 ini adalah enam kali runner up.