Twitter Luncurkan Fitur Langganan Blue for Business untuk Mengaitkan Karyawan dengan Perusahaan

JAKARTA - Twitter Inc., telah secara resmi mengumumkan Twitter Blue for Business, langganan yang ditujukan untuk perusahaan yang ingin "memverifikasi dan membedakan diri mereka di Twitter." Hal ini muncul dalam siaran persnya platform media sosial itu.

Layanan Blue for Business akan memungkinkan perusahaan menautkan akun utama mereka dengan akun karyawan mereka untuk mempermudah dan menunjukkan bahwa seseorang benar-benar bekerja untuk mereka.

Perusahaan sedang menguji layanan ini dengan "kelompok bisnis terpilih", termasuk karyawannya sendiri.

Esther Crawford, direktur manajemen produk di Twitter, memiliki lencana burung kecil di sebelah tanda centang birunya yang memverifikasi dirinya sebagai karyawan di perusahaan, seperti yang dapat dilihat di tweet tentang pengumuman Blue for Business.

Craft Ventures, sebuah perusahaan modal ventura, tampaknya juga memiliki beberapa karyawan yang ditandai sebagai afiliasi, menggunakan lencana dengan logonya.

Sejauh ini, Twitter belum membagikan banyak detail tentang layanan tersebut. Belum diketahui berapa biaya untuk langganan Blue for Business, siapa yang memenuhi syarat, atau bagaimana cara memverifikasi bahwa bisnis mengontrol akun itu.

Esther Crawford dari Twitter tidak segera membalas pertanyaan melalui Twitter. Siaran pers perusahaan juga mengatakan bahwa mereka berencana untuk membiarkan lebih banyak bisnis berlangganan tahun depan.

Menurut laporan The Verge, Twitter memang memperingatkan bahwa fitur Blue for Business mungkin tidak tersedia di semua platform dan bahwa fitur tersebut "dapat berubah secara berkala".

Di sini masuk Twitter sudah jelas. Mereka sedang mencoba untuk menghasilkan uang melalui langganan, dan menciptakan apa yang pada dasarnya merupakan tingkat perusahaan dari layanan Twitter Blue-nya dapat membantunya melakukan itu.

Perusahaan mencantumkan contoh jenis kasus penggunaan yang diharapkan dapat dilihat untuk Blue for Business: tim olahraga yang berafiliasi dengan atletnya, karakter film yang memiliki logo di samping namanya, atau jurnalis yang memiliki lencana yang menunjukkan bahwa mereka benar-benar bekerja untuk media tertentu. Meskipun Twitter mungkin mengalami kesulitan mendekati pers setelah beberapa keputusan kontroversial mereka baru-baru ini.

Twitter juga secara resmi mulai meluncurkan lencana tanda centang abu-abu baru untuk "akun pemerintah dan multilateral". Netizen mungkin sudah bisa melihatnya di akun @WhiteHouse. Twitter memang mengatakan pada akhir November akan meluncurkan lencana abu-abu.