Dukung Festival Belanja 11.11, Alibaba Cloud Hadirkan Teknologi Efisien, Inovatif, dan Ramah Lingkungan
JAKARTA - Alibaba Cloud, penyedia layanan cloud terkemuka global unggul dalam misinya mendukung Festival Belanja Global 11.11, berkat komputasi berkinerja tinggi dan teknologi inovatifnya.
Dengan memanfaatkan peningkatan infrastruktur yang dikembangkan sendiri, perusahaan melihat penghematan 8% tahun ke tahun dalam biaya komputasi per unit sumber daya, mulai dari 1 April hingga 11 November.
“Luas dan dalamnya penerapan teknologi cloud selama 11.11 tahun ini sekali lagi menampilkan praktik cloud dan teknologi terbaik Alibaba, baik melalui arsitektur fundamental seperti teknologi milik sendiri yang mendukung komputasi kinerja tinggi dan produk database, maupun teknologi XR (extended reality) yang dihadapi konsumen dan teknologi live streaming," kata Li Cheng, Chief Technology Officer (CTO) Alibaba Group dalam sebuah rilis yang diterima Selasa, 15 November.
Cheng menambahkan, perusahaan bermaksud untuk terus menerapkan kemampuan yang telah terbukti ini untuk melayani pelanggannya dengan lebih baik dan membantu mereka menjadi lebih efisien, inovatif, serta lebih ramah lingkungan dalam perjalanan transformasi digital mereka masing-masing.
Inovasi cloud-native
Festival 11.11 tahun ini didukung oleh unit pemrosesan khusus Alibaba Cloud untuk sistem operasi Apsara Cloud. Sistem infrastruktur yang ditingkatkan, secara signifikan meningkatkan efisiensi komputasi, penyimpanan, dan jaringan di pusat data yang mendukung festival tersebut, sekaligus mengurangi latensi jaringan.
Produk database cloud-native Alibaba Cloud juga secara signifikan memperluas kapasitas keranjang belanja konsumen lebih dari dua kali lipat, dari 120 item menjadi 300.
ApsaraDB for Redis Enhanced Edition (Tair), layanan database dalam memori berbasis cloud untuk perusahaan, mendukung fungsi baru seperti pengelompokan dan penyortiran produk, memungkinkan konsumen untuk mengatur keranjang belanja mereka sesuai dengan preferensi mereka sendiri.
Baca juga:
- Alibaba Cloud Luncurkan ModelScope, Platform Open Source dengan Ratusan Model AI
- Elon Musk hingga CEO Alibaba Daniel Zhang Bakal Hadir di B20 Summit 2022
- Alibaba Group Luncurkan Laboratorium Bersama dengan Dua Universitas Top di China untuk Teliti Artificial Intelligence (AI)
- Data Pribadi Makin Terancam Saat Gunakan Fitur Enhanced Spellcheck Google dan Microsoft
Teknologi Inovatif
Teknologi Alibaba dalam pemodelan 3D memanfaatkan neural radiance field (NeRF), sebuah teknologi jaringan saraf untuk menghasilkan tampilan baru dari adegan 3D yang kompleks.
Menggunakan teknologi pembuatan ruang 3D otomatis dari lembaga penelitian Alibaba DAMO Academy, shopping street virtual dapat dibangun, menampilkan lebih dari 700 produk dari 70 merek termasuk 30 waralaba yang diakui secara internasional, seperti Hello Kitty Sanrio yang ikonis, dan waralaba Hollywood Minion.
11.11 Lebih Hijau
Selain solusi komputasi awan yang membantu mengurangi konsumsi energi, lima pusat data skala besar Alibaba Cloud di seluruh China juga menggandakan jumlah energi bersih yang digunakan untuk mendukung 11.11 tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu.
Lebih dari 32 juta kilowatt-jam listrik yang digunakan oleh Alibaba Cloud guna mendukung 11.11 tahun ini berasal dari energi terbarukan, naik 30% jumlah rata-rata di setiap hari-nya dibandingkan tahun lalu.