Elon Musk hingga CEO Alibaba Daniel Zhang Bakal Hadir di B20 Summit 2022
CEO Tesla Elon Musk. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Presidensi Business 20 (B20) Indonesia untuk periode tahun 2022 akan segera berakhir.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia sebagai penyelenggara B20 Indonesia tengah mempersiapkan puncak kegiatan B20 atau B20 Summit yang diselenggarakan pada 13-14 November di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

Chair of B20 Indonesia Shinta Kamdani mengatakan, B20 Summit 2022 akan dihadiri CEO perusahaan global terkemuka, termasuk CEO Tesla Elon Musk.

Shinta mencatat, akan ada 96 speakers dari 30 negara yang akan dilibatkan dalam B20 Summit.

“Dari sektor bisnis global yakni, CEO Tesla Inc, Elon Musk; Chairman of Alibaba Group, Daniel Zhang; CEO Unilever, Alan Jope. Selain itu, Eks Perdana Menteri Inggris Tony Blair; Managing Director World Bank, Mari Elka Pangestu; hingga Founder and Executive Chairman of World Economic Forum Klaus Schwab juga dijadwalkan akan hadir,” ucap Shinta dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat 4 November.

Host of B20 sekaligus Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid berharap, kehadiran Elon Musk dapat menarik sejumlah orang penting dunia untuk hadir di B20 Summit 2022.

"Dengan dia datang, kita harapkan investor lain juga akan datang ke Indonesia. Kok yang lain enggak? Ayo dong!" ujarnya.

Terkait kemungkinan adanya kerja sama dengan Elon Musk, Arsyad enggan memberikan keterangan.

Namun, lanjut Arsyad, kehadiran CEO SpaceX itu bisa melihat peluang investasi dan dapat menanamkan modalnya secara pribadi di Indonesia.

"Dia harus datang dulu ke Indonesia. Harapannya dia akan investasi. Belum tentu investasinya melalui Tesla, Twitter, atau SpaceX. Uangnya banyak jadi bisa saja investasi pribadi," pungkas Arsjad.

B20 merupakan outreach group dari G20 yang mewakili 6,5 juta komunitas bisnis internasional yang menyumbang 80 persen PDB dunia.

B20 merefleksikan peran sektor swasta sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkelanjutan, dan berimbang.

Sejak Januari lalu, B20 Indonesia menggelar rangkaian pertemuan, dialog, dan merangkum rekomendasi dari komunitas bisnis global dalam bentuk policy recommendation yang akan diusung di G20 Summit tanggal 15-16 November 2022 yang juga berlangsung di Bali.

Inception Meeting di Januari 2022 mengawali rangkaian kerja B20 Indonesia. Dari situ telah menghasilkan rekomendasi kebijakan dan policy action sebagai hasil kerja enam Task Forces dan satu Action Council B20 Indonesia.

Sepanjang tahun ini juga telah diadakan tujuh B20-G20 Dialogue, lebih dari sideline event dengan lebih 8.000 partisipan global terlibat dalam rangkaian acara B20.

Hingga saat ini juga telah lebih dari 1.600 delegasi terdaftar untuk hadir dalam B20 Summit.