Pemprov DKI Gelar Pasar Murah Sampai 29 Oktober, Ini Sebaran Lokasinya

JAKARTA - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI mengadakan pasar murah di lima titik seluruh kota administrasi Jakarta. Pasar itu digelar mulai tanggal 24-29 Oktober 2022.

Kepala Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, kegiatan ini juga ditujukan untuk membantu meringankan beban masyarakat saat kenaikan harga barang kebutuhan pokok.

"Harapannya, masyarakat dapat memanfaatkan momentum pasar murah ini," kata Ratu dalam keterangannya, Selasa, 25 Oktober.

Di Jakarta Pusat, pasar murah garapan PPKUKM DKI ini telah berlangsung. Lokasinya bertempat di GOR Tanah Abang mulai Senin hingga Selasa, 25 Oktober pukul 08.30 WIB hingga 14.00 WIB.

Selain di GOR Tanah Tanah Abang, pasar murah juga akan dilaksanakan di empat titik lainnya di Jakarta, yaitu:

1. GOR Cengkareng Barat, Jakarta Barat pada tanggal 25-26 Oktober

2. Kantor Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara pada tanggal 26-27 Oktober

3. RPTRA Bhineka Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan pada tanggal 27-28 Oktober

4. Kantor Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur pada tanggal 28-29 Oktober

Ratu menjelaskan, bentuk kegiatan pasar murah di antaranya bazar produk kebutuhan pokok atau sembako murah, bazar produk Jakpreneur binaan Sudin PPKUKM 5 wilayah, pemberian paket kebutuhan rumah tangga dari anggota APRINDO sebanyak 2.500 paket untuk dibagikan kepada warga prasejahtera dengan diatur mekanisme penukarannya, dan kegiatan hiburan.

Terdapat mekanisme penukaran voucher paket dalam kegiatan pasar murah tersebut. Mekanisme pemberian paket dilakukan dengan cara warga membeli produk kebutuhan pokok terlebih dahulu di stand BULOG, PT Food Station, dan Perumda Dharma Jaya, maupun produk dari Toko Tani Indonesia.

"Penerima voucher tidak bisa dititipkan pengambilan paketnya," ujar Ratu.

Lebih lanjut, Ratu meminta agar penyelenggara pasar murah dapat mengatur dengan baik penjualan paket sembako dan pendistribusian paket gratis kebutuhan rumah tangga dengan tertib, profesional, serta tepat sasaran.