Anies Janji Masih Fokus Jadi Gubernur Sampai Lengser Meski Jadi Capres NasDem

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut dirinya masih akan tetap fokus menjalankan tugasnya sebagai kepala daerah meskipun telah diusung sebagai calon presiden (capres) Pemilu 2024 Partai NasDem.

Maka, ketika masa jabatannya berakhir setelah tanggal 16 Oktober mendatang, Anies baru akan menggencarkan strategi menuju kontestasi politik berikutnya.

"Izinkan kami menuntaskan sampai 16 Oktober. Sehingga, sampai 16 Oktober saya masih tetap akan fokus pada urusan di Jakarta. Setelah itu, baru nanti fokus pada yang lain. Sekarang masih fokus Jakarta," kata Anies di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara, Senin, 3 Oktober.

Fokus tersebut ia contohan dengan langsung menuju Balai Kota DKI untuk bekerja dengan jajarannya setelah kembali dari agenda pengumuman capres dari kantor DPP Partai NasDem.

"Tadi siang kita sudah langsung ketemuan rapat dengan teman-teman semua, para Asisten, Pak Sekda, saya juga, untuk membahas langkah-langkah kita di Jakarta," ungkap dia.

Sebagai informasi, Partai NasDem menetapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pemilihan Presiden 2024. Deklarasi disampaikan di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat pada hari ini, Senin, 3 Oktober.

"Pilihan capres NasDem adalah yang terbaik daripada yang terbaik. Inilah akhirnya nasdem memberikan seorang sosok, Anies Baswedan," kata Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di hadapan Anies Baswedan.

Surya mengatakan Anies adalah sosok terbaik. Sehingga, tak ada alasan bagi Partai NasDem untuk tidak mencalonkannya. "Kenapa Anies Baswedan? Jawabannya, why not the best," tegasnya.

Menanggapi, Anies mengaku siap menjadi capres yang diusung Partai NasDem. Anies meyakini majunya dia sebagai capres menjadi ibadah baginya. Karenanya, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu akan terus berusaha.

"Bismillah kami terima, kami siap. Dengan memohon doa semua, insyaallah perjalanan panjang ini tidak menjadi perjalanan yang berat tapi jadi perjalanan yang ringan. Kita siapkan ikhtiar ini sebagai ibadah," tutur Anies.