Surya Paloh Ingin PKS-Demokrat Merapat Setelah Anies Baswedan Diusung NasDem jadi Capres
Ketua Umum NasDem Surya Paloh (Wardhany T/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh berharap Partai Demokrat-Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bersatu setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dideklarasikan sebagai calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Insyallah semuanya menyatukan pikiran, semangat, tekad, bersama dengan NasDem. Insyaallah," kata Paloh kepada wartawan di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin, 3 Oktober.

Sementara itu, Anies mengatakan dirinya akan fokus membahas soal koalisi maupun pencalonannya setelah menyelesaikan tugasnya sebagai gubernur pada 16 Oktober nanti. Namun, dia memastikan akan tetap fokus menjadi capres setelah dideklarasikan oleh NasDem.

Jika sudah waktunya, Anies yakin semua akan diberikan jalan yang terbaik. Apalagi, pengalaman serupa telah dirasakannya saat maju di Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Insyaallah, semua akan diberikan yang terbaik jalannya tadi," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Anies sudah dideklarasikan sebagai calon presiden Partai NasDem. Terkait hal tersebut, dia mengaku siap untuk maju.

"Bismillah kami terima, kami siap," kata Anies usai dideklarasikan sebagai capres NasDem di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin, 3 Oktober.

Anies meyakini majunya dia sebagai capres menjadi ibadah baginya. Sehingga, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu akan terus berusaha.

"Dengan memohon doa semua, insyaallah perjalanan panjang ini tidak menjadi perjalanan yang berat tapi jadi perjalanan yang ringan," ujarnya.

"Kita siapkan ikhtiar ini sebagai ibadah," sambung Anies.