Gedung Putih Dianggap Tak Lakukan Upaya Maksimal untuk Bawa Pulang Pebasket WNBA Brittney Griner dari Penjara Rusia

JAKARTA - Bagi Trevor Reed, pensiunan Marinir yang dibebaskan dari penjara Rusia April lalu, Gedung Putih belum berbuat maksimal untuk membawa pulang Brittney Griner.

Reed dibebaskan setelah negosiasi dengan Kremlin dalam pertukaran tahanan.

Rusia memulangkan Konstantin Yaroshenko - disebut beberapa media sebagai pengedar narkoba - yang dipenjara selama lebih dari dua tahun.

Sementara itu, berbicara tentang Griner, Reed percaya bahwa pemerintah AS memiliki kekuatan untuk mengeluarkan pemain WNBA itu dari penjara Rusia.

"Saya tidak bisa mengatakan 100 persen apa yang dilakukan atau tidak dilakukan Gedung Putih - itu jelas bukan informasi publik," kata Reed di Hallie Jackson NOW dikutip Marca, Rabu.

"Tapi, menurut saya, Gedung Putih memiliki kemampuan untuk mengeluarkan mereka dengan sangat cepat, dan mereka jelas telah memilih untuk tidak melakukan itu. Jadi tidak, menurut saya, mereka tidak melakukan cukup."

Terlepas dari kritik halus terhadap pemerintahan saat ini sehubungan dengan Griner, Reed bersyukur atas apa yang dilakukan mereka untuk dirinya.

"Saya pikir itu adalah keputusan etis, dan saya pikir mereka melakukan hal yang benar. [Biden] akhirnya membuat keputusan itu - keputusan itu harus datang dari atas," katanya.

"Dan, Anda tahu, saya bersyukur untuk itu. Dan saya menghargai itu. Tapi saya pikir, Anda tahu, dia memiliki tanggung jawab untuk terus melakukan hal yang benar."