Neymar dan Luis Suarez Terlibat dalam Skandal Perdagangan Kokain? Begini Ceritanya

JAKARTA - Bintang sepak bola Amerika Latin, Neymar dan Luis Suarez, dituding terlibat dalam skandal perdagangan kokain secara tidak langsung. Kedua atlet itu pernah menjadi bintang promosi pakaian My Brand, usaha yang kabarnya hanya jadi kedok di balik bisnis kokain.

Suarez dalam salah satu kicauannya di Twitter pada tahun 2016 lalu memperlihatkan dirinya mengenakan pakaian merek tersebut.

"Mulai besok Anda akan dapat menikmati koleksi Platinum Luis Suarez dari @MyOfficialBrand. Saya harap Anda akan menyukainya," kicau mantan pemain Barcelona itu.

Domenico G. selaku pemilik merek pakaian tersebut, telah ditangkap atas dugaan penyelundupan narkoba dan pencucian uang. Salah satu media Belanda mengklaim Domenico G. menggunakan usaha pakaian yang ia jalani sebagai "topeng yang ideal untuk kegiatan kriminalnya".

Polisi menggerebek rumah Domenico di Amsterdam bulan ini. Dalam penggerebekan itu pihak berwajib menemukan senjata api plus uang tunai sekitar 195 ribu poundsterling atau 3,5 miliar rupiah.

Saat terjadi penggerebekan, pemilik berusia 44 tahun itu sedang berada di luar negeri. Ia kemudian baru menyerahkan diri setelah kembali ke ibukota Belanda.

Selain Neymar dan Suarez, mantan kiper Belanda Kenneth Vermeer juga menjadi bagian dari bintang promosi My Brand beberapa tahun lalu. Kemudian pemain sayap Arsenal Glenn Helder juga pernah menjadi duta merek tersebut pada tahun 2018.

"Ketika orang melihat pemain seperti Neymar dan Suarez dengan pakaian itu, mereka dengan cepat berpikir: itu pasti merek yang bagus," ujar Detektif Arno van Leeiwen.

"Jadi para pemain sepak bola ini dikorbankan lewat lini usaha pakaian, yang lagi-lagi merupakan kedok untuk lini bisnis kokain," imbuh dia.

Sampai saat ini belum ada komentar dari Neymar dan Suarez. Namun, My Brand mengatakan dalam rilis pernyataan mereka di Twitter bahwa penangkapan Domenico G. murni urusan pribadi dan tidak ada kaitan dengan merek mereka.

"Oleh karena itu, penuntutan pidana tidak ada hubungannya sama sekali dengan My Brand. Dengan latar belakang di atas (saat ini), tidak ada pengumuman lebih lanjut tentang masalah ini yang akan dibuat," kicau My Brand.