CEO Unity Minta Maaf karena Kata-Kata Kasar pada Pengembang Gim Saat Wawancara
JAKARTA - CEO Unity, John Riccitiello, telah meminta maaf karena menyebut beberapa pengembang gim sebagai "beberapa idiot terbesar" dalam sebuah wawancara dan telah bersumpah bahwa dia akan "melakukan yang lebih baik."
Pada 13 Juli, Unity, yang membuat mesin pengembangan gim populer, mengumumkan bahwa mereka akan bergabung dengan ironSource, yang menawarkan perangkat lunak yang membantu pengembang memonetisasi aplikasi mereka.
Riccitiello, yang sebelumnya adalah CEO EA, dan SVP Unity Marc Whitten diwawancarai oleh Pocket Gamer tentang berita tersebut. Pewawancara berbicara tentang bagaimana beberapa pengembang mendorong kembali penerapan monetisasi sebelumnya dalam pengembangan game.
Di situlah Riccitiello mengatakan kutipan "idiot sialan" (dengan penekanan pada kami):
[Pocket Gamer:] Menerapkan monetisasi lebih awal dalam proses dan percakapan tentu saja merupakan sudut pandang yang mendapat penolakan dari beberapa pengembang.
Riccitiello: Ferrari dan beberapa produsen mobil kelas atas lainnya masih menggunakan tanah liat dan pisau ukir. Ini adalah bagian yang sangat kecil dari industri game yang bekerja seperti itu, dan beberapa dari orang-orang ini adalah orang-orang favorit saya di dunia untuk bertarung – mereka adalah orang-orang yang paling cantik dan murni, brilian. Mereka juga beberapa idiot sialan terbesar. (biggest fucking idiots.)
Pernyataan itu, tidak mengejutkan, namun menyebabkan beberapa kritik yang signifikan dari pengembang, termasuk dari Donut County (dan baru-baru ini, Neon White) pengembang Ben Esposito.
"Saya membuat Apple iPhone Game of the Year pada tahun 2018 (Donut County) menggunakan Unity, tetapi menurut CEO mereka, saya adalah 'idiot besar' karena tidak membuat Hole.io, game F2P yang merobeknya," tulis Esposito. di Twitter.
Riccitiello memposting permintaan maaf pertamanya di Twitter sehari setelah wawancara itu dipublikasikan. Sementara dia "sangat menyesal" karena menyinggung pengembang, dia mengklaim bahwa ada sesuatu yang "clickbait" dan "di luar konteks penuh," tampaknya merujuk pada kutipan "idiot sialan" dari wawancara Pocket Gamer.
Pada Senin, 18 Juli, Riccitiello menyatakan permintaan maaf kedua di Twitter. “Saya ingin berbicara tentang apa yang saya katakan dalam wawancara, dan tweet lanjutan saya. Saya akan mulai dengan permintaan maaf," tulisnya. “Pilihan kata saya kasar. Saya menyesal. Saya mendengarkan dan saya akan melakukan yang lebih baik.”
Baca juga:
- Ingin Kembangkan Konten Visual, Nintendo Akuisisi 100 Persen Saham Dynamo Pictures
- Ingin Kembangkan Konten Visual, Nintendo Akuisisi 100 Persen Saham Dynamo Pictures
- Pengembang Ungkap Detail Lebih Lanjut untuk Gim Stray, Pembuatannya Dibantu Seekor Kucing Sphynx
- Pecah! Dewa United Juarai eSports Tournament For Stronger Indonesia
Sebagian besar pesannya untuk merayakan pengembang, tetapi dia juga menjelaskan komentarnya kepada Pocket Gamer.
“Apa yang saya coba katakan, dan jelas gagal mengatakannya, adalah bahwa ada cara yang lebih baik bagi pengembang game untuk membaca lebih awal tentang apa yang pemain pikirkan tentang game mereka,” tulisnya.
“Untuk belajar dari umpan balik mereka. Dan, jika pengembang mau, sesuaikan game berdasarkan umpan balik ini. Ini adalah pilihan untuk mendengarkan dan bertindak atau hanya mendengarkan. Sekali lagi, keduanya adalah pilihan yang sangat valid.”
“Pokoknya, itu saja,” tutupnya. “Banyak kata. Dan sebuah kalimat yang saya harap tidak pernah saya katakan.”