Ukraina Jual NFT CryptoPunk #5364, Laku 90 Ethereum!

JAKARTA – Ukraina telah mendapat donasi NFT terkenal yakni CryptoPunk pada awal Maret lalu dalam rangka penggalangan dana untuk negara yang dilanda perang tersebut. Baru-baru ini negara tersebut dilaporkan telah menjual NFT CryptoPunk #5364 dan laku dengan harga tinggi.

Penjualan NFT CryptoPunk tersebut diumumkan langsung oleh Wakil Menteri Transformasi Digital Ukraina, Alex Bornyakov, lewat cuitan Twitter-nya pada 20 Juni kemarin.

NFT CryptoPunk #5364 telah dijual kepada pembeli anonim seharga 90 ETH senilai 100.000 dolar AS (sekitar Rp1,5 miliar). Padahal ketika NFT tersebut dikirimkan ke dompet kripto Ukraina, CryptoPunk #5364 bernilai sekitar 260.000 dolar AS atau sekitar Rp3,8 miliar. Penurunan NFT sendiri dipicu oleh penurunan pasar kripto dalam beberapa bulan terakhir.

Dari donasi beberapa bulan lalu, Ukraina berhasil mengumpulkan dana sekitar 135 juta dolar AS dalam bentuk kripto. Termasuk 6,75 juta dolar AS dari hasil penjualan NFT bendera Ukraina, sebagaimana dilaporkan CoinDesk.

Pada saat dompet kripto Ukraina diumumkan ke publik, berbagai kalangan dari komunitas kripto menyumbangkan kepemilikan aset digital mereka. Bos Binance Changpeng Zhao dan pendiri Ethereum Vitalik Buterin juga turut memberikan sumbangan dana untuk Ukraina yang sedang berperang melawan Rusia.

Sumbangan dana dalam kripto tersebut digunakan pemerintah Ukraina untuk membeli persediaan medis dan militer guna membantu pasukan yang sedang berperang membela negara.