NHTSA Tingkatkan Penyelidikan Atas Sistem Autopilot Tesla yang Disebut Kurang Responsif Hadapi Kecelakaan

JAKARTA  - Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA), pekan lalu mengatakan bahwa mereka sedang meningkatkan penyelidikannya terhadap 830.000 kendaraan produk Tesla dengan sistem bantuan pengemudi canggih Autopilot. Langkah ini diperlukan sebelum mereka memerintahkan penarikan atas produk tersebut.

Badan keselamatan mobil di AS ini pada Agustus tahun lalu membuka evaluasi awal untuk menilai kinerja sistem mengemudi di 765.000 kendaraan setelah sekitar selusin kecelakaan terjadi pada mobil dengan sistem kemudi otonom di mana kendaraan produk Tesla menabrak kendaraan darurat yang berhenti. Kamis pekan lalu mereka juga telah mengidentifikasi enam kecelakaan tambahan.

NHTSA sedang meningkatkan penyelidikannya ke analisis teknik, yang harus dilakukan sebelum menuntut penarikan atas produk Tesla itu jika dianggap perlu.

Regulator keselamatan otomatis sedang meninjau apakah kendaraan Tesla secara memadai dapat memastikan pengemudi memperhatikan saat kendaraan berjalan. Badan tersebut menambahkan bukti yang menunjukkan bahwa pengemudi di sebagian besar kecelakaan yang ditinjau telah mematuhi strategi peringatan Tesla yang berupaya untuk menarik perhatian pengemudi, namun tetap menimbulkan pertanyaan tentang keefektifannya.

Pada tahun 2020, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional mengkritik "pemantauan keterlibatan pengemudi" Tesla yang tidak efektif setelah kecelakaan Autopilot yang fatal pada 2018 dan mengatakan NHTSA telah memberikan "sedikit pengawasan."

NHTSA mengatakan upgrade adalah "untuk memperluas analisis kecelakaan yang ada, mengevaluasi set data tambahan, melakukan evaluasi kendaraan, dan untuk mengeksplorasi sejauh mana sistem Autopilot dan sistem Tesla yang terkait dapat memperburuk faktor manusia atau risiko keselamatan perilaku dengan merusak efektivitas pengawasan pengemudi. "

NHTSA mengatakan pihaknya memiliki laporan terhadap 16 kecelakaan, termasuk tujuh insiden cedera dan satu kematian, yang melibatkan kendaraan Tesla dengan sistem Autopilot yang menabrak responden pertama yang tidak bergerak dan kendaraan pemeliharaan jalan.

Senator Partai Demokrat di AS, Ed Markey, memuji peningkatan pengawasan NHTSA ini. "Setiap hari Tesla mengabaikan aturan keselamatan dan menyesatkan publik tentang sistem 'Autopilot', jalan kami menjadi lebih berbahaya," tulisnya di Twitter, beberapa waktu lalu.

NHTSA mengatakan analisisnya menunjukkan bahwa Peringatan Tabrakan Maju diaktifkan di sebagian besar insiden sesaat sebelum tumbukan dan bahwa Pengereman Darurat Otomatis berikutnya mengintervensi sekitar setengah dari kecelakaan yang terjadi.

"Rata-rata dalam kecelakaan ini, Autopilot membatalkan kontrol kendaraan kurang dari satu detik sebelum tumbukan pertama," tambah badan tersebut, seperti dikutip Reuters.

NHTSA mencatat bahwa "di mana video insiden tersedia, pendekatan ke adegan responden pertama akan terlihat oleh pengemudi rata-rata 8 detik menjelang tumbukan."

Badan tersebut juga meninjau 106 laporan kecelakaan Autopilot dan mengatakan sekitar setengahnya, "ada indikasi bahwa pengemudi tidak cukup responsif terhadap kebutuhan tugas mengemudi yang dinamis."

"Penggunaan atau penyalahgunaan komponen kendaraan oleh pengemudi, atau pengoperasian kendaraan dengan cara yang tidak disengaja tidak serta merta menghalangi kerusakan sistem," kata badan tersebut.

Sistem Autopilot Tesla dan Kendala Lingkungan

NHTSA juga menemukan di sekitar seperempat dari 106 kecelakaan, faktor kecelakaan utama tampaknya berhubungan dengan pengoperasian sistem di mana Tesla mengatakan keterbatasan mungkin ada di tempat-tempat seperti jalan raya selain jalan raya dengan akses terbatas, atau saat berada di lingkungan visibilitas yang melibatkan faktor-faktor seperti hujan, salju, atau es.

Tesla mengatakan sistem Autopilot memungkinkan kendaraan untuk mengerem dan mengarahkan secara otomatis di jalur mereka, tetapi tidak membuat mereka mampu mengemudi sendiri.

Seorang juru bicara NHTSA mengatakan fitur bantuan mengemudi canggih dapat mempromosikan keselamatan "dengan membantu pengemudi menghindari kecelakaan dan mengurangi keparahan kecelakaan yang terjadi, tetapi seperti semua teknologi dan peralatan pada kendaraan bermotor, pengemudi harus menggunakannya dengan benar dan bertanggung jawab."

Pekan lalu, NHTSA mengatakan telah meminta Tesla untuk menanggapi semua pertanyaan mereka pada 20 Juni setelah menerima 758 laporan aktivasi rem tak terduga terkait dengan Autopilot dalam penyelidikan terpisah dari 416.000 kendaraan baru.

Secara terpisah, NHTSA telah membuka 35 investigasi kecelakaan khusus terhadap insiden yang melibatkan kendaraan Tesla, di mana Autopilot atau sistem canggih lainnya diduga digunakan yang melibatkan 14 kematian yang dilaporkan sejak 2016, termasuk kecelakaan yang menewaskan seseorang tiga bulan lalu di California.

NHTSA meminta selusin pembuat mobil lain termasuk General Motors,  Toyota Motor Corp  dan Volkswagen  untuk menjawab pertanyaan tentang "strategi keterlibatan dan perhatian pengemudi" menggunakan sistem bantuan pengemudi" selama penyelidikan Tesla tetapi belum merilis tanggapan mereka tas semua laporan tersebut.