Pegiat Sosmed: Awalnya Buzzer Anies Bangga Sebarkan Sponsor Formula E, Giliran Ramai Ada Merek Bir Ngeles

JAKARTA - Keberadaan sponsor global berupa bir bermerek Heineken di Formula E Jakarta terus menjadi sorotan. Salah satunya dari pegiat sosial media, Chusnul Chotimah.

Chusnul mengaku heran ketika ada sponsor bir di Formula E Jakarta, para pendengung atau buzzer Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seakan buang badan dan tak mengakui. Padahal awalnya, mereka dengan bangga memamerkan sejumlah sponsor di ajang balap mobil listrik tersebut.

"Awalnya buzzer Anies dgn bangga ramai2 sebarkan sponsor2 formula E, mereka bilang iniloh sponsornya," kata Chusnul dikutip dari akun Twitternya, @ChusnulCh_ pada Sabtu, 28 Mei.

"Giliran jadi ramai krn diantara sponsornya ada merek Bir, mereka ramai2 ngeles, itu sponsor global, sponsor bawaan, bukan urusan kita. Mereka yg bangga2in, mereka jg yg ga akui," imbuhnya.

Perihal keberadaan sponsor bir tersebut, Ketua Panitia Pelaksana (Organizing Committee) Formula E Jakarta Ahmad Sahroni telah memberikan penjelasan. Dia mengatakan, Heineken bukan sponsor resmi Jakarta E-Prix.

Merek bir ini adalah sponsor global yang telah ditentukan Formula E Operation (FEO).

"Perlu diketahui juga bahwa Heineken adalah sponsor global FEO, yang hadir dalam seluruh seri balapan Formula E di berbagai kota, termasuk di Diriyah, Arab Saudi,” ujar Wakil Ketua Komisi III DPR RI tersebut dalam keterangannya pada Jumat, 27 Mei kemarin.

FEO selaku pihak penyelenggara dan Heineken telah berkomitmen untuk menjunjung tinggi nilai-nilai masyarakat di negara atau kota yang menjadi host E-Prix. Nantinya, tak akan ada penjualan bir maupun logo di ajang balap tersebut.

“Pihak FEO, Heineken, dan perusahaan lainnya pun menjunjung tinggi budaya lokal dan nilai-nilai masyarakat negara yang menjadi tuan rumah gelaran Formula E. Jadi mereka akan menyesuaikan dengan kondisi di negara masing-masing. Ini adalah komitmen yang sudah ditegaskan sejak awal,” urainya.

Sampai saat ini, sponsor lokal gelaran Formula E memang belum diungkapkan penyelenggara. Namun, dalam situs resmi jakartaeprixofficial.com telah menampilkan sejumlah perusahaan yang menjadi sponsor utama dan sponsor global.

Nama perusahaan yang tergabung dalam sponsor utama adalah ABB asal Swiss yang bergerak bidang teknologi otomasi, robotik, daya, dan peralatan listrik berat.

Selanjutnya, perusahaan keuangan asal Swiss Julius Bar menjadi sponsor global acara ini. Sedangkan sponsor teknis adalah Michelin yang merupakan perusahaan ban asal Prancis.

Selain itu, ada beberapa perusahaan yang tergabung dalam sponsor lainnya. Di antaranya adalah Copper, Hugo Boss, Bosch, DHL, Moet & Chandon, Enelxway, Allianz, Tagheur, Anfogasta Minerals, Saudia.