Bayi 8 Bulan Meninggal di RS Adam Malik Medan, Probable Hepatitis Akut

MEDAN - Bayi berusia 8 bulan probable hepatitis akut meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Pusat Haji (RSUPH) Adam Malik, Medan.

Ketua Tim Dokter Penanganan Hepatitis Akut RSUPH Adam Malik dr Ade Rachmat Yudiyanto mengatakan, bayi itu meninggal pada Sabtu 14 Mei, pukul 20.40 WIB.

Dalam menangani bayi tersebut, Ade menyebut pihaknya sudah melakukan sejumlah pemeriksaan untuk mendeteksi penyakit yang dideritanya. Termasuk, pihaknya memeriksa kultur darah bayi tersebut. 

Namun, dari hasil pemeriksaan ditemukan ada sejumlah gangguan yang menyebabkan korban meninggal dunia. 

"Diagnosa akhir dari pasien ini, yang pertama gagal napas karena memang ada radang pada paru-parunya. Ditambah lagi, ada gangguan sirkulasi jantungnya yang disebabkan bakteri tadi. Ditambah, ada infeksi bakteri berat," kata Ade, Selasa, 17 Mei. 

Ia, menjelaskan pasien tersebut mulai dirawat di RSUPH Adam Malik ada Sabtu, 7 Mei. Selama perawatan sempat terjadi perburukan kondisi pasien hingga akhirnya meninggal. 

"Ya dia masuk hari Sabtu dan meninggal di hari Sabtu," sebutnya. 

Dia memastikan sejauh ini belum ada kasus hepatitis akut di Sumut. Jika sebelumnya, ada kasus yang ditemukan, kata Ade, statusnya masih probable. 

"Sejauh ini, kasus hepatitis akut belum ada di Sumut. Kalau pun ada probable, sampai saat ini kami belum ada laporan," pungkasnya.