Kena Serangan DDoS, Blizzard Pulihkan Battle.net Tidak Lebih dari Dua Jam

JAKARTA - Activision Blizzard melaporkan adanya serangan Distributed Denial of Service (DDoS) dalam layanan Battle.net pada Rabu, 11 Mei. Namun, tampaknya Blizzard mengatasi masalah tersebut dengan cepat.

Dalam tweet awalnya yang diposting pada pukul 11.11 WIB, Blizzard mengatakan, "Saat ini kami mengalami serangan DDoS, yang dapat mengakibatkan latensi tinggi dan pemutusan sambungan untuk beberapa pemain. Kami secara aktif bekerja untuk mengurangi masalah ini.”

Namun, tidak lebih dari dua jam kemudian pada pukul 12.29 WIB, Blizzard kembali mengatakan bahwa permasalahan tersebut telah selesai. “Serangan DDOS yang kami pantau telah berakhir,” tulis Blizzard dalam tweet berbeda.

Berdasarkan laporan pengguna di Downdetector, yang dilansir dari The Verge, pemain mengalami masalah dengan gim termasuk Overwatch, World of Warcraft, Call of Duty, dan juga Diablo III.

Battle.net juga pernah mengalami serangan DDoS selama sekitar satu jam di bulan November lalu, serangan ini yang juga menyebabkan masalah bagi pemain yang mencoba bermain gim.

Blizzard memberikan petunjuk jika masih terjadi gangguan layanan apapun. Berikut petunjuk yang diberikan oleh Blizzard untuk pemecahan masalah koneksi di Windows dan Mac.

Sebelum mencoba salah satu langkah berikut, periksa Twitter BlizzardCS untuk gangguan layanan apa pun. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memecahkan masalah latensi atau pemutusan sambungan. Pilih game Anda dari dropdown di bagian bawah untuk pemecahan masalah khusus game.

Windows

  1. Setel ulang perangkat jaringan Anda untuk memastikan router Anda tidak dibanjiri data.
  2. Jika Anda menggunakan koneksi nirkabel, optimalkan koneksi internet Anda untuk mengesampingkan masalah koneksi.
  3. Perbarui driver dan sistem operasi Anda untuk menyelesaikan masalah kompatibilitas apa pun.
  4. Lepaskan dan perbarui IP Anda dan bersihkan DNS Anda untuk menyelesaikan konflik jaringan apa pun.
  5. Tutup semua aplikasi lain untuk menyelesaikan konflik perangkat lunak dan membebaskan sumber daya.

Mac

  1. Setel ulang perangkat jaringan Anda untuk memastikan router Anda tidak dibanjiri data.
  2. Jalankan Pembaruan Perangkat Lunak untuk memeriksa pembaruan yang tertunda untuk perangkat lunak, driver, dan firmware.
  3. Jika Anda menggunakan koneksi nirkabel, optimalkan koneksi internet Anda untuk mengesampingkan masalah koneksi.
  4. Lepaskan dan perbarui IP Anda dan bersihkan DNS Anda untuk menyelesaikan konflik jaringan apa pun.
  5. Tutup semua aplikasi lain untuk menyelesaikan konflik perangkat lunak dan membebaskan sumber daya.